Jumat, 28 November 2014

News / Edukasi

New Media Tower UMN Diresmikan

Sabtu, 8 September 2012 | 10:18 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Gedung hemat energi New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) diresmikan. Secara langsung, pendiri UMN dan Harian Kompas Jakob Oetama meresmikan gedung tersebut dengan melepas beberapa ekor burung merpati, Sabtu (8/9/2012) di UMN, Serpong, Tangerang.

Dalam sambutannya, Jakob menyampaikan bahwa gedung merupakan bagian dari upaya mewadahi kreativitas dan semangat kerja. Dia berharap, dengan diresmikannya gedung ini, para mahasiswa dan semua tenaga pengajar serta karyawan dapat lebih meningkatkan kinerjanya seiring dengan peningkatan mutu.

"Gedung adalah media yang dapat menentukan suasana kerja lebih menyenangkan. Kita jangan hanya membangun, tetapi juga harus memelihara," kata Jakob.

Sebelumnya, Ketua Yayasan UMN Teddy Surianto menjelaskan, bangunan yang memiliki luas lantai 32.600 meter persegi ini dibangun dengan konsep hemat energi. Dirancang dengan double skin facade, gedung ini akan menghemat penggunaan energi mencapai 50 persen.

"Banyak orang peduli terhadap keadaan lingkungan setelah kerusakan terjadi. Padahal, aksi nyata juga dapat dilakukan sebagai pencegahan sebelum kerusakan itu muncul. Kita terapkan dengan membangun gedung ini," kata Teddy.

New Media Tower adalah salah satu bangunan dari rencana enam bangunan hemat energi yang akan dibangun oleh UMN. Bangunan ini didesain oleh arsitek Budiman Hendropurnomo dari salah satu biro arsitektur.

Nantinya, gedung ini akan berfungsi untuk melayani utilitas keseluruhan rencana besar kompleks UMN. Terdapat juga inkubator penelitian bisnis yang dapat dimanfaatkan para mahasiswa UMN.

Gedung ini akan memiliki sekitar 100 ruang kelas dan memiliki luas parkir yang dapat menampung 120 mobil. Lama pembangunannya sekitar 17 bulan.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Caroline Damanik