Rabu, 22 Oktober 2014

News / Edukasi

SMP Terbuka Kinabalu Meriahkan Lomojari di Indonesia

Senin, 10 September 2012 | 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) Bidang Akademik 2012 bagi peserta didik SMP Terbuka (SMPT). Lomba yang berlangsung di Jakarta pada 10-14 September tersebut diikuti 33 tim SMP Terbuka dari 32 provinsi di Indonesia plus satu SMPT di wilayah Sabah, Malaysia.

"Salah satu yang istimewa dari Lomojari 2012, satu tim peserta berasal dari SMP Terbuka Kinabalu Sabah, Malaysia," kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Didik Suhardi di Jakarta, pada Seni (10/9/2012).

Menurut Didik, Lomojari merupakan upaya Kemendikbud untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar para peserta didik SMPT yang memiliki keunikan, karakteristik dan keterbatasan pembelajaran tersendiri. Dia mengatakan, SMPT memang ditujukan sebagai alternatif layanan pendidikan dasar bagi kelompok usia 13-15 tahun yang memiliki kendala sosial, ekonomi, transportasi, dan letak geografis yang terpencil.

Lomojari Bidang Akademik 2012 akan melombakan kemampuan akademik tim peserta SMPT berdasarkan modul serta materi pelajaran SMPT kelas VII dan VIII. Selain itu, peserta tim juga akan diuji materi pengetahuan umum dan kontemporer yang diambil dari surat kabar, majalah maupun berita aktual dari media elektronik.

"Diharapkan melalui Lomojari Bidang Akademik ini peserta didik SMPT dapat lebih terpacu lagi untuk belajar dan meningkatkan kepercayaan diri mereka," katanya.

Hingga saat ini, jumlah SMPT di Indonesia mencapai 2.111 sekolah yang melayani ratusan ribu peserta didik.


Editor : Caroline Damanik
Sumber: