Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPK Sampaikan Hasil Audit Dugaan Korupsi UI

Kompas.com - 12/09/2012, 15:17 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perwakilan beberapa elemen Universitas Indonesia (UI) yang menamakan dirinya "UI Bersih" menyambangi gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Rabu (12/9/2012). Mereka datang atas undangan BPK yang akan menyampaikan hasil audit mengenai dugaan korupsi yang terjadi di UI.

Dalam pantauan Kompas.com, mulai pukul 13.30 WIB, satu per satu perwakilan UI tiba di gedung Umar Wirahadikusumah, mulai dari Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UI, Pratiwi Soedarmono, Ketua I Ikatan Alumni (Iluni) UI, Rudi Yohanes, dan aktivis gerakan UI Bersih, Taufik Bahaudin. Sekitar pukul 14.30 WIB, Ketua Iluni UI, Chandra Motik menyusul masuk ke sebuah ruangan tertutup tempat pertemuan akan digelar.

Rencananya, perwakilan UI tersebut akan diterima oleh Anggota VI BPK, Rizal Djalil, yang akan menyampaikan hasil audit BPK dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait indikasi korupsi di internal UI.

"Pak Rizal langsung yang akan menerima, agendanya ya soal indikasi korupsi itu," kata Sekretaris Pribadi Anggota VI BPK, Wawan saat dijumpai Kompas.com di lokasi.

Sebelumnya, perwakilan gerakan UI Bersih sempat mendatangi gedung KPK. Kala itu, mereka mendesak agar KPK segera menindaklanjuti indikasi dugaan korupsi yang terjadi di UI.

Indikasi korupsi yang terjadi di UI terus mencuat, terutama di masa akhir pergantian rektor. Sejumlah kelompok internal UI yang "kontra" dengan kepemimpinan Gumilar Rusliwa Somantri (mantan Rektor UI) membeberkan sejumlah bukti indikasi korupsi yang dinilai akurat dan melibatkan Gumilar di dalamnya. Sampai berita ini diturunkan, pertemuan antara UI Bersih dan BPK masih berlangsung secara tertutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com