Kamis, 28 Agustus 2014

News / Edukasi

UI Berikan Penghargaan pada Peneliti

Rabu, 12 September 2012 | 18:29 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Sebanyak 85 dosen periset Universitas Indonesia (UI) mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi UI terhadap para periset yang telah berkontribusi melalui penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Penghargaan diberikan kepada mereka yang banyak menghasilkan artikel/jurnal ilmiah, mengikuti seminar maupun simposium nasional/internasional dan melakukan penelitian maupun pengabdian masyarakat selama setahun terakhir.

Penghargaan bagi periset UI tersebut diserahkan pada pembukaan Gelar Ilmu UI 2012 di Depok, RAbu (12/9/2012. Pemberian penghargaan terbagi dalam empat kategori dengan total hadiah uang tunai sejumlah Rp 890.000.000. Keempat kategori tersebut adalah Peneliti Terbaik, Pengabdi masyarakat terbaik, penulis artikel Jurnal Internasional dan penulis Buku Nasional dan Internasional.

Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus Pjs Rektor UI mengapresiasi acara Gelar Ilmu UI sebagai salah satu upaya mendukung Kemendikbud dalam resource sharing.

Gelar Ilmu diharapkan dapat membagi segala sumber daya yang dimiliki UI seperti sumber daya manusia, infrastruktur, dan pengetahuan kepada khalayak internal maupun eksternal UI. Sehingga seluruh perguruan tinggi di Indonesia dapat terintegrasi untuk mendorong debit penelitian di Indonesia.

Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI Bachtiar Alam, menegaskan bahwa Gelar Ilmu UI merupakan salah satu bentuk sumbangsih UI untuk mencapai universitas
riset. Gelar Ilmu UI diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada para peserta dan pengunjung untuk dapat bersama-sama giat melakukan kegiatanpenelitian.

Gelar Ilmu UI 2012 merupakan pameran riset tingkat perguruan tinggi yang menampilkan hasil riset dan program pengabdian masyarakat serta peran serta Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI dan Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis UI selama periode limatahun (2007-2012).

Hasil riset dan pengabdian masyarakat dapat dilihat melalui rangkaian kegiatan yang dikemas secara menarik dan interaktif di antaranya pameran, seminar dan talkshow, workshop, fun science, graduate students research qolloquium, konsultasi gratis, hingga bazar.

Beberapa hasil riset yang ditampilkan pada Gelar Ilmu UI 2012 antara lain adalah alat pendeteksi asap, alat pendeteksi kelainan jantung, teknologi pembuatan bayi tabung hingga beragam jurnal-jurnal ilmiah yang ditampilkan dalam 13 booth fakultas dan 1 program pascasarjana yang ada di UI.

Selain itu terdapat juga diskusi bersama Prof. Dr. dr. Idrus Alwi (FKUI) dengan hasil temuannya Ekstrak Kurkumin dengan kemurnian tinggi untuk penanganan sindrom koroner akut dan diabetes mellitus, serta Dr. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng (FTUI) dengan temuan Prosesan Pembuatan Partikel Nano- /Micro-Propoplis dengan protein susu kasein. 

 

 


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Robert Adhi Ksp