Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar, Konferensi Internasional Bisnis Komunikasi

Kompas.com - 13/09/2012, 03:40 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - International Conference Business and Communication (ICBC) atau Konferensi Internasional bidang Bisnis dan Komunikasi kembali digelar untuk kedua kalinya oleh komunitas Unika Atma Jaya. Tahun ini, ICBC mengangkat tema "Managing Change in Global Context: Toward Sustainable Competitiveness".

Digelar pada 19-20 September 2012 di Gedung Yustinus, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, konferensi tersebut akan dihadiri oleh para akademisi, dosen, professor, dan para CEO perusahaan, serta mahasiswa-mahasiswi jurusan bisnis, ekonomi dan komunikasi dari berbagai perguruan tinggi.

A Prasetyantoko, Ketua LPPM Universitas Atma Jaya mengatakan, di era globalisasi saat ini persaingan di dalam dunia bisnis semakin tinggi. Para pemilik modal asing telah menguasai dunia bisnis dan ekonomi kreatif dalam negeri.

"Perusahaan semakin sulit mengelola perubahan yang terjadi secara global. Perubahan yang kini sangat cepat dan tidak terduga merupakan tantangan yang besar bagi manajemen perusahaan," kata A Prasetyantoko dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Untuk itu, lanjut Prasetyantoko, konferensi ini akan membahas mengenai apa saja efek dan pengaruh globalisasi dalam dunia bisnis dan ekonomi dari berbagai perspektif, mulai dari perspektif para pemegang modal di Asia hingga Eropa, maupun perspektif dari kalangan para akademisi.

"Menghadapi pengaruh globalisasi dibutuhkan penanganan yang dinamis dan kreatif. Inilah yang akan ditekankan," ujarnya.

Adapun narasumber nasional maupun internasional yang akan hadir sebagai pembicara di antaranya, Ali Mundakir (Vice President Corporate Communication of PT Pertamina) dan Jerry J Justianto (CEO Masima Gorup dan praktisi industri media). Sementara pembicara di kalangan akademisi di antaranya dari Universitas Katolik Atmajaya, Miriam College, Filipina, University of Aveiro, Portugal, serta Westfalische Hochschule University of Applied Sciences, Jerman.

Student Forum

Selain konferensi, kegiatan ICBC juga memberikan tempat untuk mengembangkan kreativitas para mahasiswa di bidang bisnis, ekonomi, maupun komunikasi melalui kompetisi Student Forum. Student Forum kali ini melombakan Business Plan Competition yang bertemakan "My Business, My Passion."

"Business plan yang dilombakan haruslah sebuah business plan yang legal dan original, bukan plagiat," kata Dorien Kartikawangi, Ketua Panitia The Second ICBC.

Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pemenang yang terpilih akan mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp 5 juta untuk pemenang pertama, Rp 3 juta pemenang kedua, dan Rp 2 juta untuk pemenang kedua dan ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com