Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gumilar: Saya Tidak Korupsi

Kompas.com - 13/09/2012, 08:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri menegaskan bahwa dirinya tidak terlibat dalam penyelewengan anggaran selama menjabat sebagai Rektor UI periode 2007-2012. Hal itu dilontarkannya menanggapi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan mengenai penyelewengan anggaran di UI yang berpotensi merugikan negara miliaran rupiah.

"Saya tidak korupsi, saya tidak pernah meminta dan menyuruh siapa pun untuk korupsi," kata Gumilar kepada Kompas.com, Rabu (12/9/2012).

Selain bantahan, Gumilar enggan memberikan tanggapan terlalu jauh. Pasalnya, pakar sosiologi kota ini mengaku belum memperoleh informasi apa pun terkait temuan BPK tersebut.

"Laporan apa? Pemeriksaan siapa? Saya belum tahu mengenai itu, kenapa semuanya pas dengan masa pemilihan rektor?" ungkapnya.

Kemarin, BPK menyampaikan temuannya mengenai dugaan penyimpangan anggaran di tubuh UI selama periode kepemimpinan Gumilar kepada sejumlah aktivis dari elemen-elemen UI. Nilainya tak sedikit, berdasarkan pemeriksaan BPK pada laporan keuangan UI di tahun 2008-2010 ditemui ada penyimpangan sebesar Rp 41 miliar. Sementara itu, di periode selanjutnya, yakni pada tahun 2011 dan semester I 2012, BPK menemukan penyimpangan anggaran yang jumlahnya jauh lebih besar, yaitu sekitar Rp 117 miliar untuk keperluan pengadaan perangkat teknologi informasi di perpustakaan pusat UI.

Sampai berita ini diturunkan belum ada seorangpun yang ditetapkan sebagai tersangka. BPK telah menyerahkan hasil temuannya kepada DPR selanjutnya kasus ini akan didalami bersama Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun, namanya disebut-sebut terlibat karena, dalam periode laporan keuangan yang ditemukan penyelewengan anggaran itu, Gumilar tengah menjabat sebagai rektor UI (baca juga: "Sangat Mungkin Gumilar Tersangkut...").

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com