Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMK Kerja Dulu Baru Kuliah

Kompas.com - 14/09/2012, 15:04 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

 SURABAYA, KOMPAS.com- Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) setelah lulus sebaiknya jangan langsung kuliah, namun bekerja. Sebab lulusan SMK disiapkan untuk mengisi lapangan kerja sehingga begitu lulus langsung bisa terjun ke dunia kerja.

Hal ini dikemukakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Rasiyo saat membuka pameran "Karya Cipta Mahasisawa dan Siswa SMK seluruh Jatim Tahun 2012 di Jatim Expo, Jumat (14/9/2012).

Dengan langsung bekerja, siswa dapat mengukur keahlian yang didapat untuk dipraktekkan dalam dunia usaha dan industri. "Ketika sudah memiliki pengalaman dan ingin menambah pengetahuan agar lebih ahli di bidangnya, baru menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi," katanya.

Salah satu misi Pemprov Jatim, meningkatkan mutu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan mengurangi tingkat pengangguran. Jadi, Dinas Pendidikan Nasional hendaknya bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri. Apalagi Pemprov Jatim telah membagi perbandingan antara SMA dangan SMK 40:60, sehingga ke depan banyak sumber daya manusia di provinsi ini siap kerja.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Harun mengatakan, guna menghadapi era persaingan global dan sejalan dengan kebutuhan SDM yang andal, tiap lembaga pendidikan dituntut dapat menyiapkan tenaga kerja yang terampil dam mempunyai jiwa wirausaha. Kegiatan pameran ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa agar mampu menyampaikan aspirasi dan potensinya, serta menuangkan ide untuk konsumsi ilmiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com