Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Siswa SD Ikut Olimpiade Sains di Singapura

Kompas.com - 14/09/2012, 16:46 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

 

Foto : Ester Lince Napitupulu Penyerahan medali pada finalis Olimpiade Kuark (OSK) 2012   Siswa SD Indonesia Kunjungi Pusat Sains di Singapura  

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tiga siswa Sekolah Dasar (SD) yang berprestasi terbaik dalam ajang Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012 diajak mengunjungi pusat sains di Singapura.

Pemenang dalam kompetisi sains untuk menumbuhkan minat anak-anak Inonesia mencintai sains dan menjadi ilmuwan ini berkesempatan melihat-lihat laboratorium penelitian dan pusat sains di Singapura mulai 13 - 16 September.

Sanny Djohan, Direktur PT Kuark Internasional, Jumat (14/9/2012), mengatakan Olimpiade Sains Kuark diiikuti siswa kelas 1-6 SD yang terbuka bagi semua siswa. Pada tahun ini peserta mencapai 86.758 siswa SD dan madrasah ibtidaiyah (MI) dari seluruh Indonesia.

PT Kuar Internasional menerbitkan majalah komiks sains bagi siswa SD. Pembelajaran sains di Sd dikemas secara menarik lewat cerita komik dan percobaa-percobaan yang merangsang kecintaan siswa SD pada sains.   Pada pelaksanaan final di Jakarta, terjaring 303 finalis. Sebanyak 46 medali diperebutkan, meliputi medali emas, perak, perunggu, serta honorable mention.  

"Finalis yang terbaik pada tahun ini mendapat kesempatan untuk bisa mengunjungi pusat sains di Singaputra. Pengalaman ini bisa jadi memacu semangat anak-anak SD kita yang berprestasi di bidang sains untuk mengembangkan sains di Indonesia kelak. Mereka ini generasi masa depan bangsa yang akan membangun Indonesia melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diperkenalkan sejak dini lewat pendidikan," kata Sanny.  

Pelaksanaan OSK untuk level I (kelas 1-2), level 2 (kelas 3-4), dan level 3 (5-6) dilaksanakan sejak 2008. Kegiatan ini antara lain digagas Ilmuwan Fisika Yohanes Surya da mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro.

Beberapa tahun ini, Rektor Universitas Indonesia sekaligus Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar Anies Baswedan juga turut mendukung pelaksanaan OSK.   Pelajar yang berprestasi dalam OSK 2012 yang berkunjung ke Singapura yakni Aulia Ramadhani Alifianda (siswa kelas VI SDN 1 Cepu, Blora, Jawa Tengah).

Aulia peraih absolute winner atau peraih nilai tertinggi OSK 2012.   Aulia ikut OSK sejak kelas 2. Sejak 2010-2012, Aulia yang meraih absolute winner. Bocah yang bercita-cita jadi guru fisika ternama di Indonesia ini masuk dalam 15 besar siswa berprestasi di Olimpaide Sains Nasional (OSN) se-Jawa Tengah.   Pelajar SD lainnya adalah Nicholas Salim Prasetya (kelas 3 SD Visi Maniri Jimbaran, Bali). Nicholas meraih medali emas dan nilai tertinggi di levelnya. Bocah yang mau menjadi ilmuwan yang berguna bagi nusantara dan dunia ini pernah meraih juara kedua Bahasa Inggris se-SD Kecamatan dan Juara III Hitung Cepat ketika TK.   Peserta ketiga yakni Sebastianus Ivan Prasditama (kelas 4 SD Palm Kids Purwokerto). Meski pernah tiga kali gagal masuk final OSK, Sebastian tidak menyerah. Perjuangannya membuahkan hasil pada tahun ini dengan meraih medali emas dan nilai tertinggi. Sebastian pun berkesempatan mendapat hadiah mengunjungi Singapura.   Sebastian memiliki deretan prestasi yang mengangumkan. Ketika masih duduk di bangku TK, Sebastian mampu meraih juara favorit lomba mewarnai gambar se-Kabupaten Banyumas.

Pada 2009, Sebastian memenangi berbagai perlombaan Matematika, seperti juara III dalam Lomba Matematika Kategori Kelas 2 SD se-Kabupaten Banyumas.   Pada 2011 dan 2012, Sebastian juga masuk 10 besar World Sakamoto Mathematics Championship Wilayah Jawa Tengah.

Sebastian juga menjadi juara II Matematika kategori Kelas 4 SD se-Kabupateen Banyumas pada 2012, juara I Matematika International Mental Arithmetic (IMA) Jawa Tengah 2012, dan juara Harapan III Tingkat Nasional Matematika Gasing pada 2012.  

Sanny mengatakan pemenang OSK terbaik ini mengunjungi laboratorium Brand's Brain Research Center dan Science Center. Mereka juga berkesempatan mengunjungi Universal Studio.   Penghargaan bagi peserta OSK terbaik ke Singapura tersebut mendapat dukungan dari BRAND'S Essence of Chicken.

"Kami percaya bahwa pendidikan adalah investasi mempersiapkan diri untuk meraih prestasi di masa depan. Itu sebabnya pendidikan menjadi fokus perhatian kami, dan BRAND'S ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini selaras dengan apa yang dijalankan Kuark Indonesia melalui OSK, karena kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat luas, tidak hanya bagi pelajar tapi juga bagi komunitas pendidikan termasuk guru dan orang tua," kata Indra Laban, General Manager PT Cerebos Indonesia yang merupakan pemasar produk BRAND'S Essence of Chicken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com