Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Nelayan Dapat Beasiswa Ke Universitas Al Azhar

Kompas.com - 14/09/2012, 18:10 WIB
Adi Sucipto

Penulis

 LAMONGAN, KOMPAS.com - Anak nelayan asal Blimbing, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Mohammad Hafif Hudoyo, akrab disapa Hafif lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa belajar di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir dari Kementerian Agama RI. Saat ini, Hafif tercatat sedang menempuh kuliah semester II di Fakultas Dirasad Islamiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Dia akan mengulang dari awal perkuliahan di Fakultas Ushuludin Universitas Al Azhar. Ia akan berangkat 19 September mendatang dan mendapatkan beasiswa perkuliahan untuk program Sarjana (S1) selama empat tahun. "Saya harus mengikuti tes bersama sekitar 2.500 siswa lain se Indonesia yang kemudian hanya ada sekitar 600 yang lolos," tuturnya.

Sementara itu, Pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Ratna Kumaladewi menerima beasiswa double degree Program Pasca Sarjana Universitas KEIO Je pang dan Universitas Gadjahmada Yogyakarta. Dari Jawa Timur ada tujuh orang yang berangkat ke Jepang .  

Ia mendapatkan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional untuk melanjutkan kuliah bidang kebijakan publik di Universitas KEIO Jepang dengan jurusan Public Policy (M.pp) . Peserta program harus menjalani serangkaian tes di Universitas Brawijaya Malang termasuk test potensial akademik (TPA) dan wawancara.

Sebelumnya, Ratna telah menyelesaikan kuliah S-2 di UGM Yogyakarta jurusan Perencanaan Wilayah dengan waktu 1,5 tahun dan telah mendapatkan gelar Magister Engineering (M.Eng). Selama kuliah di Jepang, Ratna mendapatkan biaya yang ditanggung oleh Bappenas sebesar 175.000 yen atau setara Rp 17,5 juta per bulan, ditambah uang dari Pemkab Lamongan sebesar Rp 750.000 per bulan. Total menjadi Rp 18,25 juta per bulan.

Bupati Lamongan, Fadeli berharap, Ratna maupun Hafif bisa memanfaatkan ilmunya untuk kemajuan Lamongan. Pemerintah Kabupaten Lamongan selama ini telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Sampai dengan tahun 2011, sudah ada 1.494 mahasiswa yang telah menerima beasiswa. Khusus di Universitas Islam Lamongan sampai tahun 2011, ada  221 mahasiswa yang menerima beasiswa. Secara akumulatif tahun 2011 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lamongan telah mencapai angka 70,13 atau berada pada tataran menengah atas.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com