Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap Tahun, 1,2 Juta Lulusan SMP Berhenti Sekolah

Kompas.com - 16/09/2012, 11:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah siswa lulusan tingkat SMP yang tak melanjutkan ke tingkat SMA masih sangat besar. Tiap tahunnya, dari sekitar 3,5 jumlah siswa di tingkat SMP, sekitar 1,2 juta siswa tercatat tidak melanjutkan ke SMA.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad menyampaikan, ada banyak faktor yang memicu para siswa tak melanjutkan pendidikannya. Secara umum, faktor terbesar adalah karena ketidakmampuan finansial, dan akses pendidikan menengah di daerah yang masih belum terbuka selebar di kota-kota besar.

"Itu catatan kami, memang masih besar jumlah siswa SMP yang tidak melanjutkan ke SMA," kata Hamid saat ditemui Kompas.com di gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat (14/9/2012).

Untuk itu, kata Hamid, para siswa yang lulus di tingkat SMP terus didorong untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah, khususnya ke program studi di SMK. Melalui Pendidikan Menengah Universal (PMU), pihaknya mematok target untuk memangkas angka lulusan SMP yang tidak melanjutkan sampai 585 ribu siswa.

Segenap infrastruktur pun disiapkan. Setelah membangun sekitar 100 unit sekolah baru (USB) dan sembilan ribu ruang kelas baru (RKB) untuk pendidikan menegah. Tahun depan, rencananya akan ada penambahan 216 USB dan 4500 RKB di jenjang pendidikan menengah. Sumber dananya diambil melalui APBN dan APBN Perubahan.

Pagu indikatif untuk pendidikan menegah tahun 2013 direncanakan mencapai Rp 11 triliun. Akan tetapi jumlah tersebut masih dapat berubah menyusul masih sengitnya perdebatan antara pemerintah dan DPR dalam pembahasan anggaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com