Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Edukasi

Pendidikan

Politeknik Negeri Dibangun di Subang

Selasa, 18 September 2012 | 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membangun politeknik negeri di Kabupaten Subang dan diharapkan bisa beroperasi mulai 2013. Subang dipilih, antara lain, karena angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Jawa Barat masih rendah.

Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Senin (17/9), mengatakan, serah terima aset lahan kampus untuk pendirian Politeknik Negeri Subang sudah dilakukan pekan lalu.

Djoko menambahkan, daerah yang menjadi prioritas dalam pendirian perguruan tinggi negeri baru atau perubahan status dari perguruan tinggi swasta menjadi PTN adalah daerah terdepan, terluar, dan tertinggal serta daerah yang memiliki angka partisipasi kasar yang rendah.

Secara terpisah, dalam pertemuan pengelola PTS bersamaan dengan seminar pendidikan tinggi yang digelar Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), akhir pekan lalu, menguat desakan agar pendidikan tinggi vokasi direncanakan secara matang. ”Pengangguran terdidik saat ini disebabkan pemerintah tidak memiliki peta kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang,” kata Edy Suandi Hamid, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia.

Akibatnya, pembukaan program studi di perguruan tinggi lebih pada rasa-rasanya atau bersifat musiman. ”Ketika banyak permintaan lulusan informatika, banyak PTS membuka jurusan tersebut. Sekarang yang lagi tren pendidikan keguruan,” ujarnya.

Mohammad Abduhzen, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar PGRI, mengatakan, akademi komunitas hingga saat ini masih membingungkan. (ELN)

 


Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: