Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kirim Pelajar ke Tiga Olimpiade Sains Internasional

Kompas.com - 21/09/2012, 20:26 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mengirim tiga tim pelajar untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade sains internasional. Tim Indonesia ini berkompetisi di Argentina, Italia, dan Korea.

Olimpiade pertama yakni International Olimpyad In Informatics ke-24 di Sirmione, Italia, pada 23-30 September 2012. Pelajar yang mewakili Indonesia adalah Nathan Azaria (SMAN 2 Purwokerto), Jonathan Irvin Gunawan (SMK 1 BPK Penabur Bandung), Cakra Wishnu Wardhana (SMAN 8 Yogyakarta), dan Muhammad Aji Muharrom (MAN Insan Cendikia Serpong).

Selanjutnya, International Earth Science Olympiad (IESO) di Argentina pada 8 - 12 Oktober. Tim IESO Indonesia terdiri dari Dovian Emely Suteja (SMK 1 Penabur, Jakarta), Ratika Benita Nareswari (SMA Dwiwarna, Bogor), Thomas Teguh Wijaya (SMK Petra Surabaya), dan Fenin Rega Randitama (SMAN 1 Banjarnegara).

Adapun International Astronomy Olympiad (IAO) di Gwangju, Korea, dilaksanakan pada 15 - 24 Oktober. IAOkali ini akan diikuti 16 negara. Indonesia mengirimkan tim yang terdiri dari dua siswa yang akan mengikuti grup senior yaitu Andy Einsten (SMA St Petrus, Pontianak) dan Rizki Wahyu Pangestu (SMAN 1 Banjarnegara, Jawa Tengah).

"Tim pelajar Indonesia harus berani menargetkan medali emas. Para pelajar Indonesia sebelumnya juga mampu mencapai prestasi gemilang," kata Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Jumat (21/9/2012).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com