Selasa, 25 November 2014

News / Edukasi

Beasiswa Sobat Bumi Dibuka Oktober

Selasa, 25 September 2012 | 20:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pertamina Foundation membuka pendaftaran bagi 205 penerima beasiswa Sobat Bumi mulai 1 Oktober 2012. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan di 17 perguruan tinggi negeri.

Seleksi penerimaan dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi, di antaranya transkip nilai dengan IPK minimal 3 pada skala 4 di semester keempat. Kemudian, menyertakan biodata serta keterangan berbadan sehat. Calon peserta juga akan menjalani proses wawancara dari panelis yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, Pertamina (Persero), dan Pertamina Foundation.

Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali menjelaskan, penerima Beasiswa Sobat Bumi akan mendapatkan biaya pendidikan, yang meliputi biaya operasional pendidikan (SPP), biaya hidup, serta pembinaan kepemimpinan. "Jumlah total beasiswa yang didapat rerata masing-masing mahasiswa sekitar Rp 12,3 juta setahun," kata Ahmad, Selasa (25/9/2012).

Hal yang membedakan Beasiswa Sobat Bumi dengan beasiswa lain, menurut Ahmad, adalah mahasiswa mendapatkan dukungan dana untuk proyek kelompok yang diajukan oleh organisasi penerima beasiswa dengan nominal ratusan juta per tahun. Mahasiswa juga akan mendapatkan dukungan tugas akhir yang terseleksi. Selain itu, para penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk menjadi relawan di Pertamina Foundation.

Untuk menjalin keakraban dan sinergi dengan para penerima beasiswa lain, Pertamina Foundation juga memfasilitasi pertemuan tahunan bagi para penerima beasiswa Pertamina Foundation di seluruh Indonesia. "Yang terpenting, mereka juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan," tegas Ahmad.

Adapun 17 perguruan tinggi negeri yang menjadi sasaran Beasiswa Sobat Bumi adalah Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara), Universitas Sriwijaya (Sumatera Selatan), Universitas Indonesia (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Jawa Barat), Universitas Padjajaran (Jawa Barat), Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Jawa Tengah), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Jawa Timur), Universitas Brawijaya (Jawa Timur), Universitas Airlangga (Jawa Timur), Universitas Udayana (Bali), Universitas Mulawarman (Kalimantan Timur), Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan), Universitas Mataram (Nusa Tenggara Barat), dan Universitas Cendrawasih (Papua).

Pengumuman beasiswa yang khusus menjaring mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan ini dapat dilihat di portal Beasiswa Sobat Bumi.


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Nasru Alam Aziz