Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UKG Baru di 15 Provinsi

Kompas.com - 03/10/2012, 09:38 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji kompetensi guru gelombang kedua yang dilakukan secara online mulai Selasa (2/10) baru dilaksanakan di 98 kabupaten/kota di 15 provinsi. Rencananya, UKG tersebut akan dilaksanakan di 437 kabupaten/kota hingga awal November mendatang.

Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) online gelombang kedua ini relatif lancar. Pada UKG gelombang pertama, Juli lalu, banyak keluhan soal buruknya koneksi internet ke server pusat sehingga UKG di beberapa daerah sempat kacau.

Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud, mengatakan, pelaksanaan UKG online gelombang kedua ini dilakukan sesuai kesiapan daerah dan tempat uji kompetensi, termasuk kesiapan jaringan internet. Daerah dapat mengatur jadwal ujian guru secara fleksibel antara 2 Oktober dan 2 November 2012.

139 mata pelajaran

Tercatat 283.919 guru akan akan mengikuti UKG online gelombang kedua di 437 kabupaten/kota. Mereka akan ujian di 1.649 tempat uji kompetensi. Ada 139 mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang TK-SMA/SMK sederajat. Guru mengerjakan 100 soal, yang hasilnya akan segera terlihat seusai ujian.

Program UKG yang digelar Kemdikbud tahun ini difokuskan bagi guru-guru bersertifikat. Selain menguji guru sesuai sertifikatnya, digelar juga ujian untuk memetakan kompetensi kepala sekolah dan pengawas.

Unifah Rosyidi, Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud, menyatakan, selain untuk pemetaan kompetensi guru, pelaksanaan UKG ini sekaligus untuk pemutakhiran data yang diisi guru sendiri. ”Saat log in, guru sekaligus mengisi data sendiri tentang profilnya,” ujar Unifah.

Terkait dengan soal UKG, lanjutnya, memang belum semua tersedia. Kesulitan menyiapkan soal disebabkan tidak menemukan penulis soal yang tepat, khususnya untuk guru muatan lokal sejumlah bahasa daerah dan kompetensi di SMK yang sangat spesifik. ”Nanti 15 Oktober sudah kami pastikan siap soalnya,” katanya.

Menurut Unifah, dari pantauan pada pelaksanaan UKG online, para guru menyampaikan keinginan supaya mereka tidak hanya diuji, tetapi juga mendapat pembinaan setelah UKG.

Meskipun pelaksanaan UKG online gelombang kedua sudah dimulai, guru-guru SMK bersertifikat di Bandung belum mendapat panggilan. ”Saya tidak tahu kapan jadwal UKG online,” ujar Asep Tapip, Kepala SMKN 2 Bandung. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com