Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud Akan Diskusikan "Dunia Gaib" Gus Dur

Kompas.com - 03/10/2012, 23:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD akan memperingati 1.000 hari wafat Gus Dur dengan mendiskusikan dan membicarakan kembali "bisikan-bisikan gaib" dalam keputusannya.

"Saya akan adakan acara seribu hari wafatnya Gus Dur dalam bentuk lain, yaitu kegandrungannya tentang masalah ghaib," kata Mahfud MD kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Mahfud sesuai rencana akan memperingati 1.000 hari wafatnya Gus Dur di rumah dinasnya di Kompleks Perumahan Pejabat Tinggi Jalan Widya Chandra III/7 Jakarta Selatan pada Jumat (5/10/2012) pukul 18.30.

Ketua MK ini mengungkapkan bahwa dalam seminggu terakhir ini banyak kalangan yang menyelenggarakan peringatan seribu hari wafatnya Gus Dur, dengan pengajian ataupun tahlilan sehingga dia ingin menyelenggarakannya dalam bentuk lain.

"Saya mengadakan ini bukan bermaksud untuk mempercayai ini, tapi ini bisa dilihat sebagai satu bentuk komunikasi politik Gus Dur karena ada kalanya hal yang tidak rasional menjadi rasional," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya akan bicara untuk memahami Gus Dur tentang bisikan dari alam gaib, ataupun bisikan alam gaib kepadanya.

"Ini tidak bicara dari sisi klenik, tapi dibahas dalam bentuk pedekatan sosiologis, agama, komunikasi politik," ungkapnya.

Mahfud mengatakan bahwa ia mengadakan peringatan 1.000 hari wafatnya Gus Dur karena dia merasa bersyukur pernah punya presiden seperti Gus Dur.

Mantan menteri pertahanan era Gus Dur ini akan mengadakan acara eksklusif ini di kediamannya dengan mengundang beberapa tokoh, yakni KH Dr Hasyim Muzadi, Prof DR Bambang Pranowo, Dr Agus Suyanto, KH Zamawi Imron, dan KH Husein Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com