Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Belajar di AS? Simak 3 Hal Penting Ini

Kompas.com - 04/10/2012, 12:12 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang mau mendapatkan kesempatan untuk menempuh studi di perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS)? Siapa pun bisa memulai mimpi untuk belajar di AS selama memerhatikan tiga hal utama berikut ini. Apa saja?

1. Tentu saja untuk belajar di Amerika, kemampuan bahasa Inggris merupakan syarat utama yang harus dikuasai. Hampir semua program di universitas yang ada di Amerika Serikat meminta hasil TOEFL sebagai salah satu syarat administrasi. Namun tidak semua jurusan yang dituju meminta angka hasil TOEFL yang sama. Untuk itu, sebagai calon mahasiswa harus jeli melihat jurusan dan program apa yang akan dipilih sehingga perlu mempersiapkan hasil TOEFL yang sesuai.

2. Perhatikan pula pilihan universitas. Umumnya, calon mahasiswa dari luar negeri hanya mengincar universitas bergengsi di negara adikuasa ini seperti Harvard University dan Yale University yang justru mempersempit peluang untuk melanjutkan studi di Amerika.

Sebaiknya, calon mahasiswa memperbanyak referensi dan menyiapkan setidaknya lima universitas yang akan menjadi tujuan belajarnya. Boleh saja menetapkan dua universitas terkemuka tersebut dalam daftar tujuan, namun tak ada salahnya juga memilih tiga universitas yang tidak terlalu terkenal tetapi tetap memiliki akreditasi yang baik.

3. Calon mahasiswa juga harus mempersiapkan motivation letter dengan baik. Sebaiknya, isinya tidak bertele-tele dan menunjukkan kemampuan diri untuk menarik minat komite universitas yang dituju.

Tiga hal ini perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguh sebelum memulai perburuan kesempatan studi di Negeri Paman Sam itu, selain berdoa tentunya.

Jika masih merasa bingung menentukan pilihan universitas sesuai program yang diinginkan, maka calon yang berminat dapat berkonsultasi dengan beberapa jaringan sepeti EducationUSA atau @america untuk mengetahui seputar pendidikan di AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com