Rabu, 26 November 2014

News / Edukasi

Undip Gelar Seminar Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan

Kamis, 4 Oktober 2012 | 22:27 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk mengomunikasikan hasil-hasil penelitian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, menggelar Seminar Nasional Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan ke-2, Kamis (4/10/2012) di kampus Undip, Tembalang, Semarang.

Hasil penelitian mencakup bidang teknologi hasil pertanian, sosial ekonomi perikanana, budidaya, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perairan, oseanografi, mitigasi bencana dan sedimentasi, serta biodiversitas dan konservasi kelautan dan perairan umum.

Seminar yang mengusung tema "Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Perikanan dan Kelautan sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bangsa untuk Mandiri di Bidang Pasokan Pangan, Air, dan Energi" menghadirkan Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia, Prof Dr Rokhmin Dahuri.

Ketua Panitia seminar Dr Ir Diah Permata Wijayanti MSc mengungkapkan seminar ini dilaksanakan karena posisi Indonesia yang berada di antara Samudera Hindia dan Pasifik, di antara benua Asia dan Australia memberikan keuntungan yang luar biasa.

Dinamika keterkaitan aspek-aspke geologis, fisika, kimia, dan proses-proses biologis memberi kontribusi besar dalam membentuk ekosistem Indonesia menjadi salah satu ekosistem yang paling beranekaragam di dunia.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip sebagai salah satu intitusi riset yang mencanangkan peningkatan kemampuan bangsa untuk mandiri di bidang pasokan pangan, air, dan energi sebagai fokus bidang penelitian turut mendorong dilakukannya diseminasi hasil-hasil penelitian tentang sumberdaya keluatan dan perikanan secara rutin.

Oleh karena itu seminar ini diharapkan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian sehingga tercipta sebuah kegiatan multidisiplin yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan para mitra dan stakeholder.

Diharapkan hal tersebut mampu mendorong peneliti untuk terus berusaha melakukan penelitian berkualitas yang hasilnya dapat digunakan untuk kemajuan bangsa dan kemanusiaan. 

 

 

 

 

 

 


Penulis: Sonya Helen Sinombor
Editor : Robert Adhi Ksp