Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Yakini UKG Gelombang Kedua Lancar

Kompas.com - 05/10/2012, 22:04 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG)gelombang kedua yang berlangsung pekan ini hingga 2 November masih dikeluhkan di sejumlah daerah.

Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meyakini pelaksanaan UKG kali ini tidak memiliki kendala berarti. Padahal, dari laporan yang dihimpun Federasi Serikat Guru Indonesia (FGSI) di 14 daerah, pelaksanaan UKG  gelombang kedua belum mulus seperti yang dijanjikan pemerintah, yang terkait dengan koneksi ke server pusat dan soal.

Sosialisasi juga minim sehingga guru bersertifikat yang belum juga dapat panggilan bingung dan cemas.

Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta, Jumat (5/10/2012), mengatakan sejauh ini pelaksanaan UKG gelombang kedua di daerah berjalan lancar.

Para operator teknologi informasi dan komunikasi di tempat uji kompetensi (TUK) mendapat arahan untuk mengatasi persoalan-persoalan teknis.

"Pelaksanaan UKG online ini memakai teknologi yang tinggi. Kalau pada pelaksanaannya, entah operator atau guru, tidak taat pada standar, ya bisa menghadapi masalah, termasuk sulit mengakses ke server pusat. Tetapi belum ada laporan masalah dari daerah," kata Syawal.

Terkait dengan belum ada pemanggilan pada guru-guru bersertifikat di sejumlah daerah, Syawal mengatakan pelaksanaan UKG online ini dipastikan boleh berlangsung di TUK yang siap dan terbukti tidak ada masalah dalam jaringan.

"Guru-guru bersertifikat, termasuk yang gagal log in atau bermasalah di gelombang kedua juga dipanggil. Para guru datang ke lokasi ujian kalau sudah ada panggilan. Sebab, jika tidak dipanggil, guru pasti gagal log in," jelas Syawal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com