Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iluni UI Dukung Pembuatan Statuta Pilrek

Kompas.com - 07/10/2012, 13:40 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (UI) Chandra Motiq Yusuf mengatakan, pihaknya mendukung penuh rencana pembuatan statuta dalam proses pemilihan rektor periode 2012-2017. Ia berharap, pembuatan statuta itu dapat melibatkan dan menampung masukan positif dari semua elemen UI.

"Menurut kami memang perlu dibuat statuta dalam pemilihan rektor ini. Tapi, semuanya harus dilibatkan agar ada paradigma baru," kata Chandra saat ditemui Kompas.com di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (7/10/2012).

Sebelumnya, Chandra mewakili Iluni UI juga menyampaikan harapannya kepada rektor definitif yang nantinya akan memimpin UI sampai lima tahun ke depan. Iluni UI berharap semua pihak yang terkait dalam proses pemilihan rektor, khususnya Senat Akademik Universitas (SAU) UI dan Majelis Wali Amanat (MWA) UI sebagai pihak paling sentral yang menentukan rektor selanjutnya, agar dapat mengedepankan integritas sesuai dengan nilai luhur dunia pendidikan dan berlandaskan nurani.

Lalu, Iluni UI juga meminta SAU UI dan MWA UI menghindari keputusan yang secara sangat mudah bisa diprediksi akan menimbulkan kekisruhan baru di internal UI. Di luar itu, Iluni UI percaya bahwa nurani setiap anggota SAU UI dan MWA UI akan mengawal lahirnya keputusan yang tidak akan menimbulkan kisruh baru di UI.

"Rektor adalah wajah universitas, dan universitas adalah wajah bagi setiap alumninya. Citra buruk universitas akan memberi dampak negatif pada citra alumninya," kata Chandra.

Untuk diketahui, proses pemilihan rektor UI ditunda sampai enam bulan ke depan. Penundaan itu terkait rencana pembuatan statuta pemilihan rektor menyusul masuknya gugatan Paguyuban Pekerja UI ke Pangadilan Tata Usaha Negara (PTUN) beberapa bulan lalu. Apa pun hasil putusan PTUN tak akan memiliki arti saat statuta pemilihan rektor UI berhasil menjelma menjadi peraturan pemerintah (PP).

Pemilihan Rektor (Pilrek) UI diawali saat Majelis Wali Amanat (MWA) UI membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pilrek beberapa bulan lalu menyusul berakhirnya Rektor UI  Gumilar R Somantri pada 14 Agustus 2012. Pansus dibentuk untuk memproses terpilihnya rektor definitif yang baru. Dimulai dengan pendaftaran bakal calon pada 18 Juni 2012, dan disusul dengan verifikasi administrasi maka terpilihlah 23 bakal calon untuk menjadi Rektor UI di lima tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com