Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Berdiri, Satu Fakultas di Unipas Dihapus

Kompas.com - 08/10/2012, 11:22 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Yayasan Perguruan Morotai yang mendirikan Universitas Pasifik (Unipas) di Morotai, Maluku Utara akhirnya menghapus sebuah fakultas dan satu program studi. Pengahpusan ini terkait dengan persyaratan mendirikan sebuah universitas. Fakultas yang dihapus itu yakni Fakultas Ilmu Kesehatan dan satu program studi yakni Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Politik.

Ketua Yayasan Perguruan Morotai Mohdar S Arif belum lama ini mengatakan segala persyaratan administrasi untuk mendirikan sebuah universitas telah dipenuhi pihak yayasan. Namun ada sedikit kekeliruan dalam penempatan fakultas. Di mana seharusnya ada perbandingan antara jurusan eksata dan non eksata antara 30:70.

"Kita memang sudah penuhi itu tapi ternyata dari Dikti tidak mengakui jurusan matematika dan sebagainya itu sebagai jurusan eksata karena dia tergabung dalam fakultas keguruan. Semestinya jurusan-jurusan ini tersendiri fakultasnya," ungkap Mohdar S Arif.

Karena itu, untuk memenuhi kembali persyaratan tersebut, pihak yayasan terpaksa mengambil kebijakan dengan melebur beberapa jurusan dan menambahkan beberapa jurusan lagi. Meski ada fakultas dan program studi yang dihapus, namun ada pula beberapa jurusan yang akan ditambahkan, di antaranya jurusan Teknik Informatika, Teknik Hasil Perikanan dan Teknik Lingkungan. Jurusan-jurusan ini bernaung di bawah fakultas teknik.

Lantas bagaimana dengan mahasiswa yang sudah mendaftar di fakultas yang dihapus tersebut? Mohdar dengan santai mengatakan akan disesuaikan dengan fakultas yang ada. "Ya nanti mereka menyesuaikan, karena mau tidak mau harus menyesuaikan sebab jurusan yang tadi itu sudah tidak ada lagi," cetus Mohdar S Arif.

Sementara itu, sejumlah mahasiswa yang telah mendaftar pada Fakultas Ilmu Kesehatan masyarakat maupun prodi Ilmu Administrasi Negara mengaku kecewa atas kebijakan pihak yayasan. "Kita memilih jurusan itu karena memang kita punya cita-cita, jadi jelas kecewa karena kita sudah mendaftar tapi pihak Yayasan justru menghapus," ungkap Naim, salah satu mahasiswa yang sebelumnya mendaftar di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Naim dan beberapa rekannya mengaku akan mendaftar kembali di jurusan yang ada di Unipas Morotai saat ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com