Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Kuliah, Mahasiswa Unipas Makin Membeludak

Kompas.com - 08/10/2012, 13:44 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sedianya Universitas Pasifik (Unipas) yang baru dibuka di Kabupaten Pulau Morotai akan memulai aktivitas perkuliahannya mulai 8 September 2012 lalu. Namun, hingga kini belum juga terlaksana. Di sisi lain, jumlah calon mahasiswa semakin membeludak.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Unipas, Ramli Yaman, belum lama ini menyebutkan, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Unipas sudah mencapai lebih dari 1.600 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah menyusul animo masyarakat yang berkeinginan kuliah di universitas baru tersebut.

Dibanding total pendaftar yang resmi ditutup panitia saat penerimaan sejak 1-30 Juli 2012 lalu hanya sebanyak 1.024 orang. Seiring waktu, calon mahasiswa makin membeludak karena panitia masih tetap mengakomodasi pendaftar baru. "Sekarang sudah seribu enam ratus lebih karena setelah penutupan pendaftaran ternyata masih ada pendaftar lagi," ungkap Ramli Yaman.

Ketua Yayasan Perguruan Morotai, Mohdar S Arif, malah menjamin proses perkuliahan baru akan terlaksana bulan ini. Sayangnya, dia juga belum bisa memastikan kapan waktu pastinya. "Kita rencanakan bulan ini sudah bisa kuliah karena kita tinggal menunggu presentasi saja ke Wali Perguruan Tinggi. Setelah itu baru kita atur kapan kuliah perdananya," tandas Mohdar S Arif.

Presentasi dimaksud dalam rangka memaparkan kesiapan pihak yayasan dalam menyelenggarakan perkuliahan bagi sebuah universitas, termasuk pemaparan izin mendirikan perguruan tinggi serta persyaratan lainnya. Pihak yayasan juga mengklaim semua administrasi tentang persyaratan mendirikan universitas sudah dipenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com