Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Aduh... Ini Soalnya Aneh"

Kompas.com - 09/10/2012, 15:34 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika biasanya para guru mengawasi siswanya yang tengah ujian, kini giliran mereka yang harus duduk tenang dan sesekali bertopang dagu memikirkan jawaban soal yang diujikan dalam Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang dua.

Suasana ujian ini tak jauh berbeda dengan suasana Ujian Nasional (UN) para siswanya. Dengan diawasi oleh tiga petugas dari Lembaga Pengendalian Mutu Pendidikan (LPMP) yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), para guru ini menatap layar komputer di hadapannya. Sesekali sejumlah guru mengeluh dan berbincang sebentar dengan rekan di sebelahnya karena soal yang diujikan dinilai sulit untuk dijawab.

"Aduh... ini soalnya aneh. Tinggal berapa lama lagi waktunya?" ujar seorang guru yang mengenakan jilbab merah jambu saat menemui soal yang sulit pada pelaksanaan UKG gelombang kedua di SMA Negeri 70, Jakarta, Selasa (9/10/2012) pagi.

Bahkan, tidak sedikit guru yang menguap saat mengamati soal yang terpampang di layar komputernya. UKG gelombang kedua untuk guru di wilayah Jakarta Selatan yang digelar di SMA Negeri 70 ini berlangsung dari pukul 07.30 WIB.

"Ujiannya dua tahap. Pertama jam 07.30-10.00 WIB, kemudian dilanjut jam 10.30-13.00 WIB," ujar petugas LPMP, Indriyani.

Dia menjelaskan bahwa untuk hari ini hanya satu ruangan yang digunakan di SMA Negeri 70. Pasalnya, guru yang mengikuti ujian tidak terlalu banyak. Namun, pada hari terakhir yang akan dilangsungkan pada 12 Oktober mendatang, dua kelas akan digunakan karena jumlah guru akan lebih banyak.

"Selasa, Rabu, dan Kamis hanya ada satu kelas. Akan tetapi, hari Jumat, rencananya akan memakai dua kelas," kata Indriyani.

UKG gelombang II untuk enam wilayah Jakarta serentak dilaksanakan pada hari ini. Sebanyak 6.637 guru di Jakarta yang memperoleh undangan mengikuti UKG gelombang kedua di tempat uji kompentensi (TUK) yang telah ditentukan sesuai wilayahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com