Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Gowes, Kampanye Kesehatan Jiwa

Kompas.com - 11/10/2012, 10:34 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Bagi para ahli kejiwaan, tidak mudah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa manusia. Bukan hanya dibutuhkan pengetahuan cukup, tapi juga stamina prima. Inilah yang melatarbelakangi para praktisi kesehatan jiwa dari RSJ Prof. Dr. Soeroyo Kota Magelang, yang tergabung dalam Soeroyo Cycling Club (SCC), melakukan penyuluhan kesehatan jiwa keliling kota di eks Karesidenan Kedu dengan mengayuh sepeda.

Kegiatan yang bertajuk Gowes Sehat Jiwa ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Jiwa Dunia 2012. Sekitar 25 orang anggota SCC dengan sukarela bersepeda mengelilngi daerah-daerah di wilayah eks Karesidenan Kedu untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan jiwa di beberapa titik yang ditentukan.

Diawali pada Senin (8/10/2012) mereka berangkat dari Magelang menuju daerah tujuan pertama di Puskesmas I Kabupaten Temanggung. Pada hari yang sama mereka kemudian menuju Puskesmas Kretek, Kabupaten Wonosobo. "Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kebumen, melewati Wadaslintang, kami bermalam di sana," cerita Agus Ahmadi, Ketua Tim SCC Gowes Sehat Jiwa Prof. Dr. dr. Soeroyo Magelang, Rabu (10/10/2012) kemarin.

Diceritakan, pada hari kedua, di Kabupaten Kebumen mereka melakukan penyuluhan di Puskesmas Kutowinagun sekaligus menghadiri pencanangan Desa Sehat Jiwa di Puskesmas Bayan Kabupaten Purworejo.

Menurut Agus, perjalanan ratusan kilometer itu bukan tanpa tantangan, mereka harus melewati medan jalan perbukitan yang tentu terbilang berat. "Bahkan beberapa kali kami terpaksa naik truk karena jalan yang sangat menanjak," ujarnya.

Pada hari terakhir, Rabu (10/10/2012), tim gowes tiba di Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang dan kemudian finish di halaman RSJ Prof. Dr. dr. Soeroyo, Kota Magelang. "Melalui kegiatan ini kami ingin menunjukkan kepedulian kami dengan kesehatan jiwa masyarakat khususnya masyarakat desa. Kami ingin meluruskan bahwa orang yang kena gangguan jiwa bukan untuk dihindari namun justru harus dirangkul, kami memberikan penjelasan bagaimana tanda-tanda orang yang menderita gangguan jiwa, bagaimana mengatasai mereka tanpa harus menyakiti dan lain sabagainya," imbuhnya.

Sementara itu, menurut Prof. Dr. dr Fidiansjah, SPKJ. MPH, Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soeroyo, apa yang dilakukan oleh tim SCC merupakan langkah awal dari gerakan menyehatkan jiwa bangsa Indonesia. "Kesehatan fisik yang mereka tunjukkan dengan bergowes dari Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purworejo hingga kembali ke Magelang dengan sehat dan lengkap, membuktikan kekuatan jiwa dan fisik adalah kesatuan holistik yang tidak bisa dipisahkan, kesehatan jiwa yang baik harus didukung dengan kesehatan fisik yang prima pula," ujarnya saat menyambut kedatangan Tim SCC di halaman RSJ setempat.

Kegiatan Gowes Sehat Jiwa ini juga merupakan kegiatan awal Tim SCC dalam mendukung program Green Hospital, dalam program emissions Free Day dan Exhauts Smoke Free Day. Selain kegiatan ini, akan ada banyak kegiatan untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2012 yang memang dipusatkan di RSJ mulai 31 Oktober mendatang. Ada kegiatan, pekan olah raga dan kesenian rehabilitan mental (PORKESREMEN) se-Indonesia, donor darah, screening depresi, operasi katarak, pemeriksaan pap smear hingga khitanan massal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com