Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Peraih Emas Olimpiade Penelitian Siswa

Kompas.com - 11/10/2012, 13:59 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan sejak 7 Oktober akhirnya selesai. Sejumlah juara baru muncul dari masing-masing kategori lomba, yaitu kategori sains dasar, kategori sains terapan, serta kategori IPS dan Humaniora.

Medali emas untuk kategori sains dasar diraih Amelia Nugrahaningrum dan Krisnanto Wibowo dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, Dini Pramesti, Alina Listiyani Prayogo, dan Andang Kurniawan dari SMA Negeri 2 Bantul. Lalu, Phebe Anggita Gultom, Almira Rahmaida, Prillye Deasy Octaviantie Gultom dari SMA Unggulan MH Thamrin, Jakarta.

Sementara itu, untuk kategori sains terapan, peraih medali emas adalah Ni Made Erika Suciari dan I Dewa Ayu Sudiari Dewi dari SMA Negeri 3 Denpasar. Kemudian peraih emas juga, Ida Ayu Agung Saraswati dan Ni Wayan Ari Anindita Sari dari SMA Negeri 3 Denpasar. Terakhir Anggraini Wisnu Wardani dan Vianey Nani Karinawati dari SMA Negeri 5 Madiun.

Di kategori IPS dan Humaniora, medali emas diraih Nuri Kurniawan dari SMA Negeri Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti Jambi, Damayanti dan Enggardini dari SMA Negeri 3 Semarang. Lalu, Pati Kemala dan Rengga Pamungkas dari SMA Negeri 4 Takengon.

Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad mengatakan, semua peserta yang berhasil berangkat ke Jakarta merupakan juara sehingga bagi yang tidak menjadi pemenang tidak perlu berkecil hati.

"Selamat pada semuanya. Selamat juga kepada peserta yang lain. Semua yang sudah dipanggil ke Kemendikbud adalah juara," kata Hamid, saat memberikan sambutan pada penutupan OPSI 2012, di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Selanjutnya, ia meminta kepala sekolah dan para guru untuk terus membina siswanya sehingga siswanya semakin terpacu untuk terus berkarya dan berprestasi. Pada tahun ini, Kemendikbud menerima 870 proposal penelitian yang kemudian diadu dalam OPSI.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan melakukan dukungan pada kegiatan penelitian ini sehingga dapat dimanfaatkan untuk orang banyak nantinya. Dengan demikian akan memotivasi siswa lain untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com