40 Guru Dilatih Ilmu Pengajaran Wirausaha - Kompas.com

40 Guru Dilatih Ilmu Pengajaran Wirausaha

Herpin Dewanto Putro
Kompas.com - 11/10/2012, 16:19 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wilmar Grup dan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center Surabaya bekerja sama melatih teknik pengajaran kewirausahaan, kepada 40 guru dari 15 provinsi di Surabaya, Jawa Timur.

Pelatihan ini bertujuan, supaya ilmu kewirausahaan dapat segera dipelajari siswa sekolah. Pelatihan berlangsung selama 10 hari sejak Oktober 2012, hingga Kamis (11/10/2012) ini.

Para guru diseleksi dari 315 guru dari 105 sekolah di 15 provinsi, yang mengikuti Workshop National Teaching Conference on Entrepreneurship yang diadakan Wilmar pada 10-12 September 2012 di Medan.

"Para guru itu nantinya kami dorong untuk membuat proyek wirausaha bersama siswa," kata Direktur Program Pelatihan Entrepreneurship Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) Surabaya, Dwisunu Februanto, Kamis ini di Surabaya.

Tim pengajar dari Wilmar dan UCEC akan terus memantau perkembangan guruyang sudah dilatih itu.

Dalam pelatihan ini, para guru dan kepala sekolah dibekali keterampilan untuk mendorong dan memfasilitasi ide wirausaha dari para siswa. Selanjutnya, guru dilatih untuk membimbing siswa supaya dapat merealisasikan ide itu.

Dwisunu menambahkan, siswa yang mengerjakan proyek wirausaha itu akan sibuk dan terhindar dari kegiatan negatif lainnya, seperti tawuran. "Siswa justru dapat menerapkan teori yang diperoleh dari mata pelajaran ke dalam proyek wirausahanya. Kegiatan belajar semakin efektif," katanya.

PenulisHerpin Dewanto Putro
EditorAgus Mulyadi
Komentar