Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawuran di Dekat Polres Jaktim, Pelajar Kena Bacok

Kompas.com - 11/10/2012, 21:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pelajar SMK Negeri 71 Cawang bernama Agung Adhari (17) terkena sabetan senjata tajam sejenis celurit di perut bagian kiri dan lengan kiri. Luka tersebut dialami Agung saat terlibat aksi tawuran dengan kelompok pelajar lain sekitar 200 meter dari Markas Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur, Kamis (11/10/2012) pagi.

Imam (32), salah satu saksi mata, mengatakan, tawuran melibatkan dua kelompok pelajar, yaitu SMK Negeri 71 dan SMK Bakti Cawang, Jakarta Timur. Tempat yang dipilih menjadi arena adu jotos adalah hanya berjarak 200 meter dari Polres Jakarta Timur, Jalan Kebon Pala I, depan Gereja Koinonia, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Tadi pagi sekitar jam 07.30 WIB memang ada tawuran, mungkin pas lagi pada mau berangkat sekolah. Anak Cawang yang kena luka bacok. Begitu jatuh, langsung dah pada bubar," ujar Imam yang berprofesi sebagai tukang ojek kepada Kompas.com di dekat lokasi kejadian.

Imam menjelaskan, aksi adu jotos itu hanya berlangsung tak sampai sepuluh menit. Dalam tawuran saat itu, kedua kelompok pelajar menggunakan berbagai macam senjata, mulai dari senjata tajam jenis celurit dan samurai, hingga gesper berkepala besar dan batu. "Mereka memang sering tawuran di sini. Kadang-kadang di Matraman. Kalau ada polisi yang jaga, mereka enggak tawuran, begitu sepi baru deh mereka perang," lanjutnya.

Ditemui terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Jatinegara Komisaris Suminto telah mendatangi rumah korban. Menurutnya, setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), siswa kelas XII itu langsung dibawa ke rumahnya di Bukit Duri. "Korban mendapat luka sayat di tangan kanan dan luka sobek di perut kiri. Untungnya, lukanya tak terlalu parah, jadi siang tadi sudah keluar RSCM," kata Suminto.

Pada siang hari tadi, pelajar SMK Bakti Cawang juga terlibat tawuran dengan pelajar SMK 29, atau lebih dikenal dengan sebagai STM Penerbangan. Tawuran tersebut terjadi di Pancoran, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.30. Aksi tersebut mengakibatkan dua orang pelajar SMK Bakti mengalami luka-luka akibat terkena bacokan senjata tajam. Salah satu korban, Jalal Muhammad Akbar (15), mengatakan, tawuran itu dilakukan oleh dua kelompok berbeda dari SMK Bakti Cawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com