Kamis, 17 April 2014

News /

Standar Kelulusan UN SMA/SMK Dinaikkan

Jumat, 12 Oktober 2012 | 03:45 WIB

Baca juga

Jakarta, Kompas - Standar kelulusan ujian nasional SMA/ SMK dan MA pada 2013 akan dinaikkan. Ada dua alternatif menaikkan standar kelulusan yang saat ini tengah dibahas, yakni menaikkan nilai rata-rata dari 5,5 menjadi 6 atau tetap 5,5, tetapi tingkat kesulitan soal dinaikkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Kamis (11/10), di Jakarta, mengatakan, rencana menaikkan standar kelulusan ini belum final. ”Masih dibahas bersama Badan Standar Nasional Pendidikan,” ujarnya.

Tahun ini, proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen soal mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.

Untuk variasi soal, kata Nuh, pada pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini ada lima macam variasi soal bagi 20 siswa di dalam satu kelas. Namun, mulai tahun depan, akan ada 20 variasi soal sehingga tidak ada satu pun siswa di dalam ruang kelas yang mendapat naskah soal sama. ”Siswa menjadi lebih konsentrasi mengerjakan soal karena tidak akan menengok ke kiri dan kanan,” ujarnya.

Bank soal

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Moehammad Aman Wirakartakusumah menambahkan, 20 variasi soal itu merupakan langkah preventif mencegah siswa mencontek. Sebanyak 20 variasi soal itu akan diambil dari bank soal yang sedang disiapkan. ”Bentuk soal pilihan ganda itu sulit,” ujarnya.

Seiring dengan pembuatan soal, BSNP juga akan memperbaiki pengawasan, terutama pada distribusi naskah soal dari daerah ke lokasi ujian. ”Dalam perjalanan dari dinas ke satuan unit pendidikan itu dimungkinkan terjadi celah-celah yang melenceng dari prosedur,” ujarnya.

Dalam tahap persiapan UN, lanjut Aman, pihaknya tengah menyiapkan kisi-kisi soal UN yang akan selesai pada November 2012 dan akan diberikan kepada guru serta kepala sekolah. Kisi-kisi soal UN itu tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu karena merupakan pengembangan dari standar isi. ”Sekolah seharusnya tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada kisi-kisi soal itu,”paparnya.

Data peserta UN SMA/MA/SMK tahun 2013 belum terkumpul. Sebagai gambaran, peserta UN tahun 2012 mencapai 1.524.704 siswa SMA/MA dan 1.039.403 siswa SMK. Dari jumlah peserta itu, sebanyak 7.579 siswa SMA/MA dan 2.925 siswa SMK tidak lulus UN.(LUK)


Editor :