Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakernas II PDIP Tak Bahas Capres

Kompas.com - 12/10/2012, 06:19 WIB
Sandro Gatra

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke II di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/10/2012). Rakernas II disebut tidak membahas pengusungan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2014 .

"Rakernas II tidak membahas tentang capres untuk Pilpres 2014 . Ada waktunya nanti," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo di Surabaya, Jumat.

Tjahjo mengatakan, pencapresan akan dibahas sebelum pemilu legeslatif (pileg) atau setelah Pileg 2014. Hal itu sesuai kesepakatan saat Rakernas I di Bandung 2011 . Dalam Rakernas kali ini, kata dia, akan dilakukan evaluasi, sinkronisasi, dan memantapkan koordinasi antara struktur partai, kader di legislatif dan eksekutif.

"Kita juga mencermati dinamika dan gelagat dinamika politik nasional, regional, internasional. Agenda lain menyelesaikan persoalan-persoalan politik yang telah mengakar serta mensimulasikan kemungkinan penyesuaian kalender partai dengan kalender politik negara," jelas Tjahjo.

Sementara Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Perreira menambahkan, Rakernas juga akan membicarakan rekrutmen caleg PDIP di Pemilu 2014 . Persiapan pencalegan, kata dia, penting mengingat sistem pemilu proporsional terbuka.

"Persiapan ini merupakan langkah yang penting bagaimana rekrutmen yang nanti kita akan lakukan. Tujuannya, rekrutmen yang tepat dengan daerah pilihan yang tepat," jelasnya.

Dalam persiapan caleg, lanjut Andreas, PDIP telah melaksanakan psikotes terhadap semua kader yang ingin maju dalam pileg. "Psikotes ini untuk database agar mempunyai informasi tentang kader utama partai. Ini bermanfaat untuk pendistribusian kader sesuai bidang, keahlian, dan kompetensinya," pungkas dia.

Rakernas II akan dihadiri para politisi senior PDIP, pengurus DPP, Gubernur/Bupati/Walikota yang berasal dari PDIP. Dalam pembukaan siang nanti, diundang pula ketua-ketua parpol lain di Jatim.

Rakernas akan dibuka oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Rencananya, Rakernas akan berlangsung hingga Minggu (14/10/2012) dengan diakhiri pengarahan Megawati kepada Ketua DPD, pimpinan DPRD, dan Kepala Daerah asal PDIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com