Kamis, 2 Oktober 2014

News / Nasional

Partai Politik

Megawati Akan Buka Rakernas III PDI Perjuangan

Jumat, 12 Oktober 2012 | 11:58 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarno Putri akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP, di Pakuwon Imperial Ballroom, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/10/2012) siang. Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam pembukaan pukul 14.00 WIB, Megawati akan memberikan pidato terkait berbagai hal seperti isu suku, agama, ras, dan antargolongan, dan ancaman bangsa ke depan yakni ketahanan pangan.

"Isi pidato lain tentang dampak krisis kapitalisme global dan gelagat dinamikanya di Indonesia, menjabarkan politik legislasi nasional berbasis idiologi Pancasila, serta agenda strategis PDIP kedepan lainnya," kata Tjahjo di Surabaya, Jumat.

Setelah pembukaan siang nanti, akan digelar serangkaian acara hingga Minggu (14/10/2012), baik hanya untuk internal PDIP maupun terbuka untuk publik. Rakernas II akan dihadiri para politisi senior PDIP, pengurus DPP, Gubernur/Bupati/Walikota yang berasal dari PDIP. Dalam pembukaan siang nanti, diundang pula ketua-ketua parpol lain di Jatim.

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan, Rakernas II disebut tidak akan membahas pengusungan calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2014 .

"Rakernas II tidak membahas tentang capres untuk Pilpres 2014 . Ada waktunya nanti," kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, pencapresan akan dibahas sebelum pemilu legislatif (pileg) atau setelah Pileg 2014. Hal itu sesuai kesepakatan saat Rakernas I di Bandung 2011 . Dalam Rakernas kali ini, kata dia, akan dilakukan evaluasi, sinkronisasi, dan memantapkan koordinasi antara struktur partai, kader di legislatif dan eksekutif.

Rencananya, Gubernur terpilih DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bakal hadir dalam Rakernas. Jokowi akan datang bersama Walikota Solo FX Rudiyatmo dan Ketua DPRD Solo Sukasno. Mereka naik kereta dari Solo hingga Stasiun Gubeng Surabaya.

 


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary