Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Beasiswa Fulbright Pascasarjana Bidang Pertanian

Kompas.com - 15/10/2012, 10:11 WIB
Ali Sobri

Penulis

KOMPAS.com –  Tinggal di negara agraris seperti Indonesia merupakan anugerah, apalagi jika memiliki tekad untuk mengembangkan sektor agraria, khususnya pertanian. Salah satunya adalah tawaran dari The United States Agency for International Development (USAID) yang menyediakan beasiswa S-2 dan S-3 untuk bidang pertanian.

Kesempatan ini dibuka untuk kandidat yang mengabdi di kampus negeri maupun swasta di Indonesia, serta belum pernah menerima beasiswa Fulbright.

Untuk pelamar lulusan Sarjana (S-1) dengan IPK minimal 3,0 (skala 4,00), silakan mengajukan aplikasi dengan melampirkan berkas skor minimal 550 untuk TOEFL ITP atau 79/80 untuk TOEFL IBT atau skor IELTS 6.0. Pastikan juga Anda memiliki kualitas kepemimpinan, pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional, serta memiliki kesediaan untuk kembali ke Indonesia.

Sementara itu, pelamar program S-3 haruslah lulusan S-2 dengan IPK minimal 3,00 (skala 4,00). Kandidat juga harus memiliki tekad untuk mengambil posisi akademis di pendidikan tinggi setelah mereka kembali, juga memiliki pemahaman yang baik tentang kebudayaan Indonesia dan internasional serta bersedia untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program. Jangan lupa, sertakan berkas skor TOEFL ITP minimal 575 atau TOEFL IBT minimal 90 atau skor IELTS 6.5.

Program ini menawarkan banyak pilihan program studi, antara lain Tanaman Genetika dan Pemuliaan, Tanaman Fisiologi, Ilmu Tanah, Patologi Tanaman, Entomologi, Apiculture, Kultur Jaringan dan Propagasi Tanaman, Bioteknologi Pertanian, Agroekologi/Pertanian Sistem Penelitian, dan Pertanian Rekayasa.

Bagi pelamar yang berminat, silahkan kirimkan berkas ke kantor American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) sebelum 15 April 2013 di CIMB NIAGA Plaza, Lantai 3 jalan Jend. Sudirman Kav. 25, Jakarta 12920. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di laman resmi AMINEF. Jika ada pertanyaan spesifik mengenai proses aplikasi tersebut silakan mengirimnya melalui e-mail ke infofulbright_ind@aminef.or.id. Selamat berjuang!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com