Tiga Guru Raih Penghargaan Pemanfaatan TIK - Kompas.com

Tiga Guru Raih Penghargaan Pemanfaatan TIK

Ester Lince Napitupulu
Kompas.com - 15/10/2012, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dukungan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam dunia pendidikan secara berkala diberikan Acer Indonesia sejak tahun 2010 lewat program penghargaan Acer Guru Era Baru (Guraru). Pada pelaksanaan Acer Guraru 2012 di Jakarta bersamaan dengan acara Social Media Festival, tiga guru meraih penghargaan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Penghargaan utama diberikan pada Kepala SMKN 29 Jakarta Dedi Dwitagama dengan blog www.dedidwitagama.com. Juri menilai inovasi yang dilakukan Dedi dalam memadukan kegiatan mengajar melalui berbagai media sosial dan secara aktif berbagi pengetahuan mengenai manfaat media sosial dalam kegiatan belajar mengajar.

Adapun dua penghargaan khusus diberikan pada Yusrizal Panjaitan (SMKN 2 Tanjungbalai, Sumatera Utara, dengan blog www.bjgp-rizal.com) dan Amiroh (SMKN 3 Jombang, Jawa Timur, dengan blog amiroh.web.id). Keduanya terpilih karena dedikasinya dalam memaksimalkan peran media sosial dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Dewan Juri yang terdiri dari penerima Acer Guraru Award sebelumnya, perwakilan Acer Indonesia, dan Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan sebagai Juri Kehormatan.

"Pada pelaksanaan Acer Guraru Award 2012 ini, terjadi kenaikan jumlah blog guru yang dinominasikan dibanding tahun lalu. Seleksi dilakukan pada 359 blog guru, lalu terpilih 15 finaslis. Namun, penghargaan hanya diberikan untuk tiga guru," jelas Public Relation Acer Indonesia Priscila F Carlita, Senin (15/10/2012) di Jakarta.

Acer menilai perkembangan teknologi komputer dan internet, serta mencuatnya situs-situs media sosial (blog, Facebook, Twitter, dan sebagainya) sangat berpotensi untuk dijadikan media dalam proses belajar dan mengajar. Program Acer Guraru Award bertujuan untuk memberi penghargaan kepada guru-guru yang inspiratif dan senantiasa memanfaatkan teknologi untuk berbagi mengenai pendidikan.

Di dunia online, Guraru menyediakan sebuah blog (www.guraru.org) dan akun social media (@guraruID) yang menjadi wadah komunitas online para guru seluruh Indonesia untuk berkomunikasi dan berbagi pengetahuan. Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan seminar dan pelatihan Guraru, tiap tahunnya Acer mengadakan Acer Guraru sebagai penghargaan kepada guru-guru yang inspiratif dan senantiasa memanfaatkan teknologi untuk berbagi mengenai pendidikan.

PenulisEster Lince Napitupulu
EditorNasru Alam Aziz
Komentar


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM