Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Dokumenter Indonesia Diapresiasi Dunia

Kompas.com - 18/10/2012, 18:59 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Film dokumenter Negeri di Bawah Kabut dinominasikan sebagai film dokumenter terbaik di Jerman dan ajang Asia Pasific Screen Award. Setelah diputar pertama kali dalam Dubai International Film Festival 2011 dan meraih Special Jury Prize, Negeri di Bawah Kabut (The Land Beneath The Fog) akan kembali berkompetisi di festival internasional. Film dokumenter yang berkisah tentang dua keluarga petani di Desa Genikan, sebuah desa di lereng Gunung Merbabu, akan bersaing dalam 55th International Leipzig Festival Goethe-Institut for Documentary and Animated Film (Dok-Leipzig),  festival film dokumenter dan animasi terbesar di Jerman yang sangat terkemuka di dunia.

Dengan seleksi yang ketat, dari 2.847 film yang didaftarkan 113 negara, terpilih 84 film dokumenter dan 114 film animasi pendek untuk diputar selama 29 Oktober- 4 November 2012. Kehormatan bagi Negeri di Bawah Kabut dapat bersaing di seksi International Young Documentary Talent , sebuah seksi yang ditujukan untuk sutradara yang baru membuat satu feature film. Selain Dok-Leipzig, film yang diproduksi atas dukungan Goethe Institut Indonesien, Ford Foundation, Dewan Kesenian Jakarta  dan BluPost Asia, ini juga akan diputar di lima festival film mulai bulan Oktober sampai Desember tahun ini.

Kelima festival itu antara lain  Balinale International Film Festival, Hanoi International Film Festival, Luang Prabang Film Festival, Hurghada Asian Film Festival, dan ChopShots Documentary Film Festival South East Asia. Kabar baik juga datang dari panitia Asia Pasific Screen Award (APSA)  yang menyertakan Negeri di Bawah Kabut sebagai nomine film dokumenter panjang terbaik. APSA—yang juga dikenal sebagai Oscar Asia Pacific—adalah sebuah inisiatif budaya yang digagas di tingkat global yang mengangkat keunggulan sinematik dan keragaman budaya  kawasan Asia Pasifik, sebuah kolaborasi unik antara  UNESCO dan International Federation of Film ProducersAssociations (FIAPF). Penyerahan penghargaan akan dilaksanakan di Brisbane, Australia, pada 23 November 2012. Acara ini akan disiarkan langsung dari Queensland Performing Arts Centre dan dapat juga ditonton langsung melalui situs resmi APSA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com