Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Inggris Harus Tetap Ada

Kompas.com - 20/10/2012, 12:49 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana penghapusan mata pelajaran Bahasa Inggris dari kurikulum siswa Sekolah Dasar (SD) pada pergantian kurikulum tahun ajaran 2013/2014 mendatang ditentang Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti menyampaikan, mata pelajaran Bahasa Inggris harus tetap ada mengingat siswa SD sudah butuh pengenalan dasar berbahasa asing.

“Harus tetap ada, tetapi substansinya yang diubah,” ujar Retno kepada Kompas.com seusai menggelar Deklarasi Anti Korupsi di SMA Negeri 13 Jakarta Utara, Jumat (19/10/2012)

Perubahan substansi yang dimaksudnya adalah dengan menyesuaikan materi pelajaran Bahasa Inggris untuk SD dengan tingkatan usia anak.

"Anak seusia SD belum perlu belajar grammar atau tenses-nya. Tetapi, pelajaran Bahasa Inggris harus dibuat menyenangkan dan menarik buat siswa. Contohkan pengenalan kosa kata Bahasa Inggris yang sederhana yang dekat dengan mereka, semisal pengenalan tubuh dan benda-benda lainnya," jelasnya lagi.

Selain itu, Retno juga menghawatirkan nasib para guru Bahasa Inggris SD yang jumlahnya tidak sedikit itu akan kehilangan pekerjaan atau bagiannya. Dia mengakui, kebijakan penghapusan pelajaran tersebut seperti ditunggangi dengan adanya kepentingan lain.

"Saya curiga, penghapusan bahasa internasional tersebut untuk membesarkan tempat les Bahasa Inggris yang mulai tidak laku itu. Nanti anak-anak akan lari kemana kalau bukan ke lembaga-lembaga kursus," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com