Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa ke Amerika untuk Guru SMP/SMA

Kompas.com - 23/10/2012, 11:53 WIB
Riana Afifah

Penulis

KOMPAS.com — Tenaga pendidik tentunya juga butuh mengembangkan ilmu agar pengetahuan yang disampaikan kepada peserta didiknya tidak terbatas. Kali ini, Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat membuka peluang beasiswa bagi para guru sekolah menengah dari Indonesia melalui program International Leaders in Education Program (ILEP).

Program ini akan dimulai dengan pengajaran di kelas dan pelatihan intensif mengenai metodologi pengajaran, penyusunan silabus, strategi pengajaran, sikap kepemimpinan serta kemampuan teknologi. Setelah kegiatan ini, para peserta ILEP juga akan diwajibkan magang di sekolah menengah yang ada untuk berhubungan secara aktif dengan guru dan murid di Amerika.

Peserta yang berhak untuk program ini adalah guru sekolah menengah yang merupakan guru tetap dengan spesifikasi mata pelajaran Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika dengan pengalaman mengajar sekitar lima tahun atau lebih. Para guru ini juga harus tercatat sebagai warga negara Indonesia dan memiliki sertifikasi bahasa berupa ITP TOEFL dengan skor minimum 500 atau IELTS dengan skor minimum 5.0 atau IBT TOEFL dengan skor minimum 60/61.

Selanjutnya, para guru ini juga harus melengkapi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di sini. Bersama dengan formulir pendaftaran tersebut, ikut dilampirkan juga curriculum vitae, selembar Statement of Purpose, surat rekomendasi serta fotokopi identitas diri. Penyelenggara tidak menerima aplikasi yang dikirimkan secara online. Oleh karena itu, kirimkan aplikasi ke AMINEF OFFICE, CIMB NIAGA Plaza, 3rd Floor, Jalan Jenderal Sudirman Kav 25, Jakarta, 12920 sebelum 15 April 2013.

Dari program ini, para peserta akan dibiayai penuh selama pendidikan dan mendapat buku serta alat elektronik berupa laptop. Akomodasi dan asuransi kesehatan juga ditanggung oleh The International Research & Exchanges Board (IREX) sebagai penyelenggara program ini. Jika butuh informasi lebih lanjut dapat melayangkan e-mail ke alamat infofulbright_ind@aminef.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com