Kamis, 18 Desember 2014

News / Edukasi

Bahasa Indonesia

Inilah Padanan Kata Dalam Internet

Minggu, 28 Oktober 2012 | 10:41 WIB

 

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Komunitas Duta Bahasa Jawa Barat mensosialisasikan padan kata istilah internet dalam bahasa Indonesia yang selama ini masih dalam bahasa asing. Mereka berharap bisa mendorong masyarakat berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hal itu dilakukan dalam acara Hari Tanpa Kendaraan di Jalan Dago, Minggu (28/10/2012). Para duta bahasa membagikan kertas berisi glosarium padan kata istilah internet maupun kuliner kepada warga yang melintas. Ada pula glosarium yang dibentuk menyerupai kipas.

"Tujuannya agar mudah diingat sambil mendingingkan badan," kata Annatasya Maryana, Wakil Ketua I Komunitas Duta Bahasa Jabar.

Beberapa istilah teknologi informasi yang disediakan padanan katanya adalah account dengan akun, add on dengan pasang tambah, buffer dengan penyangga, hingga hastag dengan tagar atau tanda pagar. Istilah dalam twitter juga disediakan yakni mention dengan gamitan atau follower dengan pengikut.

Ada pula istilah kuliner seperti brunch menjadi sarapan siang, finger food menjadi makanan puluk, roast duck menjadi bebek pacak, serta seafood jadi boga bahari.

Annatasya menjelaskan, kampanye berbahasa Indonesia dilakukan berbarengan dengan peringatan 84 tahun Sumpah Pemuda dengan salah satu isinya menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.


Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo
Editor : Tjahja Gunawan Diredja