Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pak Wapres Ajak Anak-anak untuk Hemat Air

Kompas.com - 02/11/2012, 16:22 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajah anak-anak tak sabar menanti film yang akan diputar. Sambil menyantap makanan dan minuman ringan, anak-anak usia SD dan SMP ini asyik bercerita bersama temannya sambil menebak-nebak jalan cerita film yang akan mereka saksikan.

Tak berapa lama setelah Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, tiba, pemutaran film pun dimulai. Anak-anak tampak tenang memperhatikan film yang sedang ditayangkan. Pada pembukaan Science Film Festival 2012 ini, tiga film pendek dipertontonkan kepada anak-anak dan pengunjung yang hadir.

Tiga film tersebut nantinya juga akan ditayangkan sepanjang kegiatan ini berlangsung dari 1-15 November mendatang. Adapun tiga film tersebut adalah film dari Jerman yaitu "The Programme with The Mouse - What Happens When You Wash Your Hands?", kemudian film dari Indonesia yaitu "A Song for Tukik" dan film dari Perancis yaitu "Ma Petite Planete Cherie".

"Tadi bersama dengan kalian melihat film yang sangat penting itu, saya juga merasa belajar sesuatu," kata Boediono, seusai menyaksikan film bersama anak-anak di acara pembukaan Science Film Festival 2012, di Blitzmegaplex, Jakarta, Kamis (1/11/2012).

Masing-masing film mengajarkan hal-hal ringan yang berkaitan dengan tema besar acara yaitu air. Contohnya film pertama bercerita mengenai gunanya mencuci tangan dan penjelasan tentang peran air dan sabun saat cuci tangan. Dengan format dokumenter tapi tetap menarik, anak-anak menyadari pentingnya cuci tangan setelah beraktivitas.

Film kedua bercerita mengenai konservasi air dan ekosistem tukik yang ada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dari film tersebut, anak-anak diajak untuk melestarikan lingkungan sekitar dan tidak mengganggu habitat makhluk hidup lain agar kondisi alam tetap seimbang.

Film ketiga yang menjadi favorit dari anak-anak ini berbentuk film animasi 2-D. Film ini menceritakan perjalanan singkat Gaston dan Coline menyaksikan siklus air. Film ini bertutur dengan gaya dan imajinasi anak-anak sehingga tanpa disadari mereka telah belajar menghafal siklus air.

"Dari film ini, terlihat betapa pentingnya air untuk kehidupan. Jadi hemat pakai air ya anak-anak. Terus belajar dan jadi anak Indonesia yang utuh dan menjaga lingkungan," tutup Boediono.

Nah jika anda ingin menghabiskan waktu bersama buah hati anda dengan memberikan tontonan yaang edukatif maka tidak ada salahnya untuk datang ke lokasi pemutaran film seperti Goethehaus Jakarta, Universitas Paramadina, PPIPTEK Taman Mini Indonesia Indah, Universitas Multimedia Nusantara dan SD Kristen Calvin. Sementara untuk provinsi selain Jakarta dapat mengunjungi pusat kebudayaan atau sekolah yang ditunjuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com