Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Pendidikan

Jawa Tengah Juara Umum OSTN SMK 2012

Sabtu, 3 November 2012 | 01:12 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK 2012 di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 29 Oktober - 1 November 2012.

Prestasi Jawa Tengah iotu diumumkan dalam penutupan OSTN, Kamis malam (1/11/2012), di Grha Sabha Pramana UGM. Dengan kemenangan ini, Provinsi Jawa Tengah berhak mendapatkan piala tetap dan trofi bergilir OSTN yang sebelumnya dipegang Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan Juara Kedua dan Ketiga diraih provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Adapun D.I. Yogyakarta harus puas berada di posisi keenam, setelah Jambi dan Lampung.

Dirjen Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Hamid Muhammad, PhD, mengatakan para siswa yang berhasil menjadi juara di OSTN akan difasilitasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Mereka yang berprestasi akan kita fasilitasi untuk masuk ke perguruan tinggi atau difasilitasi untuk langsung masuk ke dunia kerja," kata Hamid.

Hamid berharap para guru dan siswa tidak berhenti berprestasi, berkreasi dan berinovasi. Pembinaan prestasi siswa dilakukan melalui sisi akademik, skill, seni budaya dan olahraga.

"Kami berharap betul kepada sekolah dan guru. SMK bukan hanya mobil esemka saja tapi juga punya prestasi lain di bidang budaya," ungkapnya.

Menurut Hamid, bila di tiap-tiap 497 kota/Kabupaten minimal memiliki satu SMK yang mampu menciptakan kreasi dan inovasi baru tiap tahunnya, maka semakin menambah kebanggaan dan kecintaan masyarakat pada SMK.

Berikut daftar pemenang OSTN 2012.

Kategori Lomba Matematika Teknologi; Juara I Robi Fajar Bahari dari SMKN 2 Sukabumi, Jawa Barat, Juara II Muhammad Musta'in dari SMKN 2 Pati Jawa Tengah, Juara III diraih Elang Cergas Pemberani dari SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta.

Kategori lomba Matematika Non Teknologi; Juara I diraih Diah Suprihatin dari SMKN 1 Kendal, Jawa Tengah, Juara II diraih Maggy dari SMK Unggul Sakti Jambi dan Juara III diraih Ariska Trisnandari dari SMKN 2 Sumedang, Jawa Barat.

Kategori Lomba Fisika Terapan: Juara I diraih Ananto Roni Widodo dari SMKN 1 Rembang, Jawa Tengah, Juara II diraih Rehhan Issatyadi Darmawan dari SMK 2 Mei Bandar Lampung dan Juara III diraih Miftah Farid Ramdani dari SMKN 2 Kota Serang, Banten.

Kategori Lomba Kimia Terapan: Juara I diraih Kristiyana dari SMK Tunas Harapan Pati, Juara II diraih Rahadian Yusuf dari SMK Analis Kimia Bogor Jawa Barat, dan Juara III diraih Dian Arnita Siahaan dari SMK Caraku Nusantara, Jakarta.

Kategori Lomba Biologi Terapan: Juara I diraih Winda Nurafiani dari SMK Tunas Medika, DKI Jakarta, Juara II diraih Siska Widya Astuti dari SMKN 1 Temanggung Jawa Tengah, dan Juara III diraih Nana Nurdiati dari SMKN Kehutanan Sulawesi Selatan.


Penulis: Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo
Editor : Ervan Hardoko