Selasa, 2 September 2014

News / Edukasi

Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Tak Kunjung Diperbaiki

Selasa, 6 November 2012 | 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembayaran tunjangan profesi guru sampai saat ini belum juga mengalami perbaikan. Para guru bersertifikat masih mengalami kendala untuk mendapatkan haknya menerima penghasilan sebanyak satu kali gaji pokok.

"Kami membuka pos pengaduan di 29 daerah di Indonesia. Ternyata, belum ada kesungguhan dari Kemendikbud dan Kementerian Agama untuk mengatasi masalah pembayaran tunjangan profesi guru yang selalu bermasalah," kata Retno Listyarti, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Selasa (6/11/2012) di Jakarta.

Retno menjelaskan, berdasarkan pengaduan yang masuk, sedikitnya ada lima modus yang selalu terulang dalam masalah pencairan tunjangan profesi guru. Para guru di berbagai daerah melaporkan pembayaran tunjangan profesi guru terlambat dibayarkan, pembayaran dengan jumlah yang kurang, pungutan liar, intimidasi pada guru yang mempertanyakan keterlambatan pembayaran tunjangan profesi guru, dan tidak jelas penerimaan/tidak transparan bagi guru pegawai negeri sipil yang semestinya didasarkan pada gaji pokok.


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Nasru Alam Aziz