Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australian Graduates Job Fair 2012 Jaring Para Pencari Kerja

Kompas.com - 10/11/2012, 13:47 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya lulusan Australia yang berasal dari Indonesia akhirnya membuat Ikatan Alumni Australian (Ikama) tercetus untuk menyelenggarakan Australian Graduates Job Fair pertama pada 2012 ini. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Australia.

Presiden IKAMA, Hermanto Dardak, mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menjembatani para lulusan Australia agar dapat berkarya untuk tanah air selepas menuntut ilmu di negeri orang. Penyelenggaraan Job Fair ini juga guna memenuhi kebutuhan industri.

"Dengan event ini, memberikan kesempatan bagi lulusan dari Australia untuk mendapat kerjaan di sini," ujar Hermanto saat pembukaan Australian Graduates Job Fair di LIPI Auditorium, Jakarta, Sabtu (10/11/2012).

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 1985 saat dirinya menempuh pendidikan di Australia, tercatat sekitar 4000 mahasiswa Indonesia yang ada di sana. Namun saat ini, ada sekitar 18.000 pelajar Indonesia yang terdaftar di berbagai institusi pendidikan di Australia.

"Tentu alumninya juga bertambah banyak. IKAMA sendiri mencatat ada sekitar 50.000 mahasiswa Indonesia yang telah lulus dari pendidikan di Australia," ungkapnya.

Pada event perdana ini, 32 perusahaan besar baik milik Australian maupun Indonesia membuka stand yang dapat dikunjungi langsung oleh para pencari kerja. Sebagian perusahaan hanya menerima berkas administrasi saja, tapi beberapa perusahaan ada yang juga menggelar walk-in interview.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com