Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Undang Mobil Panda ke Sekolah Kamu!

Kompas.com - 10/11/2012, 13:49 WIB
Caroline Damanik

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak-anak Sekolah Harapan Bangsa bergantian melongokkan kepalanya dari pagar yang membatasi lobi ruang kelas dan halaman sekolah. Ada truk boks putih dengan panda hitam putih di bagian depannya yang memasuki halaman sekolah. Wah, ada apakah?

Anak-anak usia taman kanak-kanak (TK) sampai sekolah dasar (SD) di sekolah ini bukan main senangnya. Pengumuman sebelumnya menyebutkan bahwa akan ada kegiatan kampanye ramah lingkungan yang akan dilakukan di sekolah mereka pada hari ini, namun mereka tak menyangka bahwa akan ada truk lucu itu datang ke sekolah.

Mobil Panda, begitu biasa disebut. Nama resminya, Panda Mobile. Setelah dilihat ke sisi kanan dan kiri boksnya, ternyata tak hanya ada gambar Panda. Ada gambar harimau sumatera, orangutan kalimantan, gajah sumatera, badak jawa, penyu, terumbu karang, juga hutan dan pohon.

Mobil Panda berhenti dengan ekornya menghadap ke arah lobi sekolah. Anak-anak makin kagum ketika melihat bahwa seluruh sisi boks truk itu bisa dibuka. Di dalamnya, ada mesin pendingin (AC), televisi layar datar dan rak-rak berisi banyak buku. Wah!

Lalu, sejumlah petugas memasang pengeras suara atau speaker besar di sisi kanan dan kiri. Anak-anak lalu tahu, bagian yang bisa dibuka di belakang akan menjadi panggung.

Ini sedikit gambaran tentang Mobil Panda dari World Wildlife Fund (WWF) Indonesia. Mobil Panda adalah truk enam roda yang digunakan untuk melakukan kampanye konservasi di area publik, termasuk sekolah-sekolah.

Di dalam Mobil Panda ini terdapat perpustakaan kecil dengan koleksi buku bertema lingkungan sebanyak 100 buah, ragam permainan edukatif, televisi layar datar, laptop dengan informasi lingkungan yang interaktif, serta paket donasi WWF Ranger Orangutan dan Harimau yang dapat dibeli oleh pengunjung.

Gratis

Public and Supporter Relation WWF, Ikhsanul Khoiri, mengatakan Mobil Panda ini masih hanya bisa diundang untuk wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa. Tak perlu membayar apa-apa jika masih berada di sekitar Jabodetabek. Di luar itu, pengundang hanya perlu membayar biaya bahan bakar pulang-pergi Mobil Panda ke daerah yang dituju.

"Siapa saja bisa mengundang, sekolah, atau kegiatan lain yang melibatkan anak-anak dalam kampanye ramah lingkungan dengan jumlah pengunjung minimal 100 orang," tuturnya kepada Kompas.com.

Satu supir, satu asisten supir, empat sukarelawan dan satu koordinator kegiatan akan mendampingi Mobil Panda dalam semua kegiatan. Jika berniat mengundang Mobil Panda, bisa langsung menghubungi Ikhsan di nomor 021-7829461.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com