Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Perubahan Kurikulum Dipaparkan ke Wapres

Kompas.com - 12/11/2012, 09:45 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan mengenai perubahan kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014 memasuki babak baru. Rencananya, besok, Selasa (13/11/2012), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan presentasi di hadapan Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan bahwa pembahasan internal kementerian sebentar lagi selesai. Sesuai dengan prosedur, hasil pembahasan tersebut harus dipaparkan pada Wakil Presiden Republik Indonesia.

"Rencananya tanggal 13 November nanti akan presentasi ke Wapres. Selanjtnya akan ada uji publik setelah tanggal itu," kata Musliar saat dijumpai seusai Malam Anugerah KiHajar di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat lalu.

Ia juga mengungkapkan bahwa kurikulum yang akan dipaparkan pada Wapres RI memiliki konsep kurikulum holistik berbasis sains. Dengan konsep ini, ada integrasi antar mata pelajaran wajib yang sudah ditentukan untuk masing-masing jenjang sekolah.

"Jadi kalau selama ini pelajaran bahasa Indonesia berdiri sendiri maka nanti akan diintegrasikan dengan yang lain," ujar Musliar.

Ia memberi contoh misalnya setelah berkunjung ke pantai, anak-anak ditugaskan membuat tulisan dengan struktur penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar tapi isinya berhubungan dengan kondisi biota laut yang kaitannya lebih erat dengan mata pelajaran IPA.

"Anak-anak juga dapat meresapi langsung materi-materi yang didapatnya secara langsung berdasarkan pengalamannya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com