Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Indonesia Hadiri Pertemuan Inovasi Pendidikan Dunia

Kompas.com - 14/11/2012, 20:49 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DOHA, KOMPAS.com - Mahasiswa Indonesia Audry Maulana terpilih untuk menjadi bagian dari World Innovation Summit for Education  (WISE) Community. Pertemuan berlangsung dalam WISE ke-4 yang di Doha, Qatar, pada 13 - 15 November.

Wartawati Kompas Ester Lince Napitupulu dari Doha melaporkan, WISE Community yang digagas Qatar Foundation merupakan jaringan sosial lewat Web WISE, di mana para anggotanya dapat saling terhubung secara interaktif. Mereka saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Dengan demikian, WISE Community ini dapat menjadi sumber informasi tentang inisiatif WISE dan sumber pendidikan yang interaktif serta praktek pendidikan yang berhasil, yang dapat diadopsi dan direplika. Audry, mahasiwa FISIP Universitas Indonesia, memulai kontribusinya untuk memberdayakan pemuda pada tahun 2009 dengan bergabung dalam organisasi pemuda yang dinamakan Indonesian Future Leaders.

Organisasi ini fokus untuk mempromosikan pekerjaan sukarela dan entrepreneur sosial di antara anak-anak muda. Sebagai mahasiswa tingkat akhir di Ilmu Politik, Audry terlibat dalam beberapa kegiatan jurnalistik baik cetak dan elektronik. Sebagai hasilnya, Audry terpilih menghadiri Young Journalist in the 5th World Youth Congress di Istanbul, Turki. 

Minat Audry terbentang dari dinamika politik regional dan hubungan internasional. Dia berpartisipasi dalam program 2012 Harvard University Project for Asia and International Relations, di mana mahasiswa dari berbagai negara bertemu dan berdiskusisoal isu-isu regional dan internasional terkini.

Audry meyakini bahwa pendidikan merupakan satu-satunya cara untuk dapat mewujudkan mobilitas sosial secara vertikal, bukan saja untuk meningkatkan kesejahteraan, tetapi juga keadilan.

Dia meyakini bahwa pendidikan seharusnya dapat diakses oleh setiap orang, tanpa memandang jenis kelamin, ras, keyakinan, atau kelas sosial. Dalam pandangan Audry, pendidikan adalah alat untuk mengatasi sekat-sekat sosial dalam masyarakat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com