Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Berkebutuhan Khusus, Tetap Semangat Cinta Lingkungan

Kompas.com - 16/11/2012, 18:36 WIB
Ali Sobri, Caroline Damanik

Penulis

CIBUBUR KOMPAS.com - Ada yang berbeda dalam Tur Edukasi Bumiku Lestari ke SD Global Mandiri, Kamis (8/11/2012). Dalam rangkaian kampanye cinta bumi yang digelar bersama World Wildlife Fund (WWF) dan Bank BNI itu, sejumlah anak anak berkebutuhan khusus dilibatkan.

Empat orang di antaranya didaulat menjadi penyanyi pengiring Oppie Antaresta di atas panggung Mobil Panda. Menurut salah satu guru, Dyah Ayu Pitaloka, dalam seminggu, mereka sudah mampu menghafal lagu-lagu bertema lingkungan yang diciptakan Oppie untuk kalangan anak-anak. Oppie yang sempat menyanyikan enam buah lagu merasa bangga dan terharu bisa terlibat dalam tur edukasi tersebut.

"Aku nggak nyangka. Aku terharu. Oke mereka anak-anak yang butuh perlakuan dan kasih sayang khusus, tapi mereka tetap anak-anak. Mereka mau berperan menyelamatkan bumi," katanya saat berbincang dengan Kompas.com usai acara.

Penanaman moral melalui buku dan lagu karyanya tersebut, menurut ibu satu orang anak itu tidak perlu dengan metode yang berat. Yang penting, anak-anak dapat meresponnya dengan baik sehingga aksi kecintaan terhadap bumi juga nyata.

"Yang penting semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan tadi, sebenarnya tidak saya bedakan. Anak ini juga seperti anak saya, teman anak saya. Asal mereka bisa terhibur, itu berarti mereka bisa meresponnya pula dan ternyata respon mereka sangat baik," serunya.

Oppie berharap pesan dalam lagu yang dibawkannya akan terserap dan membekas di benak anak.

"Saya dan rekan saya Iwa K senang, dalam penampilan tadi anak-anak selalu riang, sebab lagu dan buku dunia mereka. Kami ingin setelah dari kegiatan ini, mereka membawa pulang kesan dan pesan cinta pada bumu," terangnya lagi.

Selain melalui lagu dan musik, tur edukasi mengenai lingkungan hidup ini juga diisi dengan beragam aktivitas, seperti mendengarkan dongeng bertema lingkungan hidup oleh Kak Resha, menanam pohon, daur ulang 3R (recycle, reuse, reduce), menonton film edukasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com