Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tuan Rumah Kongres Bahasa Perancis I di Asia Tenggara

Kompas.com - 19/11/2012, 14:23 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Kongres bahasa Perancis pertama di Asia Tenggara bakal digelar di Indonesia pada 22-23 November 2012 di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta. Pada kongres yang digagas Institut Francais Indonesia (IFI) ini hadir sekitar 200 peserta dari 10 negara ASEAN.

Ananda Dinanti Mackulau, penanggung jawab media IFI, di Jakarta, Senin (19/11/2012), menjelaskan forum frankofoni ini akan diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari para pengajar bahasa Prancis dari universitas, SMA, Institut Français dan Alliances Française, para Presiden Asosiasi Pengajar Bahasa Prancis,serta para kepala jurusan bahasa Perancis dari sejumlah universitas.

Selain itu, juga para direktur kursus dan penanggung jawab pengajaran dari Institut Français, Alliance Française, dan sejumlah sekolah swasta, para atase bahasa Perancis dan koordinator bidang linguistik dari Kedutaan Besar Perancis se-ASEAN, para profesional penutur bahasa Perancis, para pejabat penanggung jawab pendidikan di kesepuluh negara, para penanggung jawab OIF (Organisasi Frankofoni Internasional) dan AUF (Perhimpunan Universitas Frankofon), para ahli dari pusat-pusat pelatihan, para penerbit, serta mahasiswa bahasa Perancis.

 

Pada forum ini akan diadakan berbagai workshop mengenai teknologi baru yang berguna untuk para pengajar bahasa Perancis. Selain itu, forum frankofoni pertama di Asia Tenggara ini merupakan kesempatan bagi para penutur bahasa Perancis untuk berdiskusi.

 

Tema-tema yang diangkat dalam kongres bahasa Perancis Asia Tenggara ini adalah posisi bahasa Prancis saat ini, problematika penerjemahan, pengajaran dwibahasa dan jurusan bahasa Prancis di universitas, bahasa Perancis untuk dunia kerja, peran universitas dalam pengajaran bahasa Perancis di SMP dan SMA, serta pelatihan untuk para pengajar bahasa Perancis.

 

Forum ini juga akan menyajikan berbagai presentasi mengenai kebijakan-kebijakan linguistik di Asia Tenggara, serta mekanisme hubungan finansial dan proyek-proyek kerja sama yang bersifat mutual antarjaringan frankofoni di negara-negara ASEAN.

Forum ini merupakan kesempatan bagi para pelaku kerja sama linguistik dan persebaran bahasa Perancis di Asia Tenggara untuk bertemu dan membahas masa depan bahasa Perancis di wilayah ini.

 

Informasi lebih lanjut bisa di lihat di laman www.institutfrancais-indonesia.com

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com