Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

'Road to Bali', Cari Solusi untuk Masalah Anak Muda

Kompas.com - 27/11/2012, 10:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak peristiwa dan permasalahan yang muncul di tengah kehidupan anak muda seperti tawuran, narkoba, seks bebas dan berbagai masalah lainnya mendorong United Nations Population Fund (UNFPA) menyelenggarakan Road to Bali. UNFPA Representative untuk Indonesia, Jose Ferraris, mengatakan bahwa kegiatan Road to Bali yang digelar di tujuh kota yang ada di Indonesia ini bertujuan untuk menampung pendapat dan suara kawula muda Indonesia.

Nantinya, pendapat tersebut akan diangkat pada Global Youth Forum yang merupakan agenda internasional dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Inti dari Road to Bali adalah menampung pendapat dan solusi mengenai masalah kepemudaan di Indonesia, langsung dari para subyeknya, yakni pemuda," kata Jose, saat konferensi pers “Road to Bali: Indonesian Youth Speak Out” di Akmani Hotel, Jakarta, Senin (26/11/2012).

Adapun tujuh kota yang dipilih untuk melangsungkan rangkaian Road to Bali ini mencakup Jakarta (13/8/2012), Jayapura (30-31/8/2012), Palembang (12/9/2012), Surabaya (22/9/2012), Semarang (29/9/2012), Makassar (15/10/2012) dan Kupang (18/10/2012). Dari tujuh kota ini, akan muncul kelompok yang memiliki solusi untuk masalah anak muda.

Berbagai solusi dan pendapat tersebut akan dihimpun dan siap dibawa untuk disampaikan dalam Global Youth Forum pada 4-6 Desember mendatang di Bali. Sebanyak 1000 delegasi dari 193 negara anggota PBB akan hadir untuk dapat mendorong inovasi dan investasi dalam isu-isu anak muda di dalam PBB, anggota dan mitra-mitranya.

Beberapa isu yang diangkat dalam Global Youth Forum sendiri adalah isu-isu yang relevan bagi anak muda di seluruh dunia seperti peluang pendidikan, peluang pekerjaan, permasalahan kesehatan khususnya kesehatan reproduksi, kepedulian akan lingkungan dan sosial, individualisme yang tinggi dan kriminalitas di kalangan anak muda.

"Hari ini, tujuh kelompok local youth volunteers akan merumuskan rekomendasi yang didapat dari Road to Bali untuk kemudian dibawa ke Global Youth Forum oleh delegasi Indonesia," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com