Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Periklanan di Jepang

Kompas.com - 27/11/2012, 23:17 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Empat mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, meraih The Standard CM Category Award atau penghargaan terbaik kategori standar dalam kompetisi periklanan 7th Gatsby Student CM Award di Tokyo, Jepang.

"Keempat mahasiswa itu meraih penghargaan atas karya mereka yang berjudul Ultra Shiny Man. Mereka adalah Cahya Purusatama, Nur Arief Hidayat, Matahari Asysyakuur, dan Rakryan Astungkara," kata staf humas Universitas Gadjah Mada (UGM), Satria Nugraha, di Yogyakarta, Selasa (27/11/2012).

Menurut dia, Gatsby Student CM Award merupakan kontes pembuatan karya film pesan komersial dengan tema produk Gatsby. Kategori yang dilombakan pada kompetisi tersebut, yakni kategori grand prix dan kategori award.

"Dewan juri yang terlibat dalam kompetisi itu berasal dari para praktisi dan akademisi periklanan ternama di Jepang. Atas prestasi yang diraih itu, mahasiswa UGM memperoleh hadiah uang tunai sebesar 100.000 yen, Edius, dan Memorial Cube," katanya.

Cahya Purusatama mengatakan, kemenangan yang diraih dalam kompetisi itu karena ide yang menonjol dan pemikiran mendalam dari karya yang mereka buat. Ide tersebut adalah bagaimana membuat wajah seseorang cerah tidak berminyak dengan produk pembersih muka.

"Sebelum lolos ke babak final, mereka harus menyisihkan 22 finalis lain dari beberapa negara Asia seperti Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, dan Thailand," katanya.

Nur Arief mengatakan, UGM pada kompetisi itu mengirimkan tiga karya. Namun, setelah diseleksi, akhirnya hanya satu karya yang dinyatakan lolos, yakni Ultra Shiny Man.

"Karya yang sebagian mengambil inspirasi dari film Ultraman tersebut dibuat di kampus UGM dengan waktu kurang dari satu minggu. Pembuatannya hanya membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga hari," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com