46 Siswa SD Berprestasi Raih Penghargaan - Kompas.com

46 Siswa SD Berprestasi Raih Penghargaan

Riana Afifah
Kompas.com - 28/11/2012, 14:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 46 orang siswa Sekolah Dasar (SD) dari seluruh Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah olimpiade pendidikan tingkat internasional diberi penghargaan dan tabungan senilai Rp 5.000.000 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pihak kementerian pada anak-anak SD yang berhasil mengukir prestasi di tingkat internasional. Hal ini juga bertujuan untuk memotivasi anak-anak lain agar juga dapat berprestasi.

"Ini di tingkat dasar. Nanti di jenjang berikutnya, mereka mampu berprestasi lebih baik lagi. Pendidik juga menjadi terpacu untuk terus menghasilkan prestasi baru melihat kondisi ini," kata Wiendu saat Acara Pemberian Penghargaan Siswa Berprestasi Tingkat Internasional dan Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar di Gedung A, Kemdikbud, Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Sebagian besar para siswa berprestasi ini meraih medali emas, perak dan perunggu untuk olimpiade matematika dan sains yang diselenggarakan India pada akhir Oktober lalu. Sementara sisanya juga menangguk berbagai medali dalam kompetisi matematika di Romania, Hongkong dan Taiwan.

"Prestasi ini menunjukkan bahwa anak-anak kita tak kalah dengan anak-anak negara lain. Untuk itu harus didukung terus agar anak-anak Indonesia menjadi generasi yang unggul," ungkap Wiendu.

Salah seorang peraih medali perunggu pada International Mathematics and Science Olympiad di India yaitu Bagus Amartya mengatakan bahwa dirinya merasa senang diundang oleh pihak kementerian dan diberi penghargaan serta tabungan. Ia juga bertekad untuk terus berprestasi di ajang-ajang yang lain demi mengharumkan nama bangsa.

"Nggak akan berhenti di sini saja. Nanti kalau sudah SMP terus belajar sains dan ikut lomba lagi. Ini uangnya juga bisa ditabung buat sekolah," kata siswa kelas VI SD Sunter Jaya 09, Jakarta ini.

PenulisRiana Afifah
EditorCaroline Damanik
Komentar
Close Ads X