Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Siswa SMA Kurang Mampu Mendapat Beasiswa

Kompas.com - 30/11/2012, 19:22 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Sebanyak 150 siswa sekolah menengah atas sederajat di Sumatera Utara, yakni dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan Karo, yang berasal dari keluarga kurang mampu mendapat beasiswa dari Putera Sampoerna Foundation atau PSF.

"Bantuan pendidikan ini diberikan untuk periode satu tahun, yakni tahun pelajaran 2012/2013 yang mencakup bantuan pembayaran biaya SPP, biaya pembangunan, serta tunjangan pembelian buku pelajaran dan seragam sekolah," kata Direktur Program dan Hubungan Antaralumni Putera Sampoerna Foundation Rini Tampi di Medan, Jumat (30/11/2012).

Ia mengatakan, perbandingan angka partisipasi sekolah (APS) di tingkat SMA dengan tingkat SD dan SMP menunjukkan bahwa siswa-siswi usia 16-18 yang tidak bisa melanjutkan pendidikan justru lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berusia 6-12 (tingkat SD) atau siswa usia 13-15 (tingkat SMP).

Faktanya, bantuan operasional sekolah (BOS) sebagai program bantuan pendidikan dari pemerintah di sektor pendidikan belum menargetkan tingkat menengah atas. Putera Sampoerna Foundation (PSF) percaya bahwa untuk meratakan akses pendidikan di Indonesia diperlukan kerja sama dari berbagai pihak.

Pemberian beasiswa dari mitra-mitra PSF merupakan wujud nyata partisipasi dan kontribusi mereka dalam mengurangi angka putus sekolah, khususnya di kalangan remaja.

"Sampai sekarang kami telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 1.000 siswa tingkat SMA di beberapa daerah, seperti di Malang, Denpasar, Karawang, Lumajang, Probolinggo, Lampung, dan tiga daerah di Sumatera Utara," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com