Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipaksa Kerja, 15 Juta Anak di Dunia Tidak Sekolah

Kompas.com - 06/12/2012, 12:25 WIB

KOMPAS.com — Laporan PBB tentang buruh anak menyebutkan, sekitar 15 juta anak di seluruh dunia tidak sekolah karena dipaksa bekerja. Laporan yang diterbitkan oleh kantor Utusan Khusus PBB untuk Pendidikan, Gordon Brown, menyebutkan, saat ini terdapat lebih dari 215 juta anak yang menjadi buruh. Sebagian dari buruh anak ini masih bisa mengenyam pendidikan resmi, tetapi 15 juta sama sekali tidak bisa sekolah.

Secara keseluruhan, angka buruh anak yang paling mengkhawatirkan terdapat di kawasan sub-Sahara Afrika. Laporan PBB itu menyebutkan seperempat anak-anak di sana bekerja dan jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat sekitar 15 juta dalam 10 tahun mendatang.

Dari jumlah 215 juta buruh anak itu, sekitar 30 juta di antaranya diperkirakan bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan rentan dalam menghadapi siksaan fisik dan seksual.

Bekerja di tambang

Hari Sabtu lalu, 14 anak diselamatkan dari satu pabrik di dekat ibu kota India, Delhi. Mereka dipaksa untuk membuat dekorasi pohon Natal. Sebagian dari mereka masih berusia delapan tahun. Laporan itu menyerukan agar India meloloskan undang-undang yang saat ini tengah dibahas di parlemen dan menetapkan larangan anak-anak di bawah usia 14 tahun untuk bekerja.

Secara global, lebih dari satu juta anak dengan usia paling muda 12 tahun diperkirakan bekerja di tambang emas, perak, dan pertambangan lain. Sementara itu, sekitar dua juta anak di Afrika Barat bekerja di perkebunan cokelat.

Laporan PBB itu menyebutkan upaya penurunan jumlah buruh anak berjalan sangat lambat dan dapat mengganggu upaya meningkatkan pendidikan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com