Kamis, 24 Juli 2014

News / Edukasi

SMA Muhammadiyah 1 Magelang Dirikan Pusat Robotika

Kamis, 6 Desember 2012 | 18:58 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah I Kota Magelang mendirikan pusat robotika untuk meramaikan dunia robotik di kota itu.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Magelang Suratno di Magelang, Kamis mengatakan "robotik centre" akan menjadi ruang bagi siswa yang senang teknologi, khususnya perakitan robot.

Ia mengatakan berbagai sarana dan prasarana akan disediakan. Selain itu, tenaga pengajar profesional juga akan didatangkan agar bakat siswa bisa lebih terasah dan nantinya bisa berujung pada sebuah prestasi.

"Memang hal ini sesuatu yang baru bagi sekolah kami, dan sebuah tantangan. Kami akan serius, agar siswa yang memang mempunyai minat dan bakat di bidang ini bisa terwadahi," katanya, Kamis (6/12/2012).

Selain menyediakan ruang kelas di lantai III gedung sekolah lengkap dengan sarana dan prasarana serta tenaga pengajarnya, berbagai program untuk memperkaya pengetahuan siswa di bidang robotik juga siap dilaksanakan, antara lain dengan menggelar pelatihan, seminar dan juga kompetisi robotik.

Sambil berjalan, katanya, pihaknya juga akan melakukan kaderisasi sumber daya manusia, di antaranya dengan membekali tenaga pengajar yang telah ada dengan jalan memberi mereka pendidikan tambahan khusus di dunia robotik.

"Kami sudah berkoordinasi dengan sekolah di bawah naungan Muhammadiyah yang memang sudah memiliki kelas robotik. Terutama untuk tenaga pengajar, hal itu bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan atau dengan studi banding," katanya.

Menurut dia, ketertarikan siswa terhadap teknologi semakin besar. Sebagai salah satu sekolah yang berkomitmen mencetak bibit unggul yang profesional, pihaknya ingin nantinya siswa tidak hanya menjadi konsumen yang hanya mampu membeli berbagai produk berteknologi. Namun, dirinya juga ingin siswa kreatif dan menjadi pencipta teknologi.

"Robotik centre inilah salah satu solusinya, siswa nantinya bisa mengembangkan bakat minat di bidang teknologi dan tugas kami sebagai pengelola sekolah memastikan siswa belajar pada orang yang tepat," katanya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang Drs Djam’an Muhyidin mengatakan robotik centre akan diresmikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin pada Sabtu (8/12/2012).

Selain itu, juga akan diresmikan businmess centre, laboratorium bahasa dan komputer, Majalah Mutualista, dan SMP Muhammadiyah Pre-International Islamic School.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: